Wyclef Jean Bicara Pencalonan Dengan Presiden Haiti

Jum'at, 20 Agustus 2010 14:16 Penulis: Darmadi Sasongko
Wyclef Jean Bicara Pencalonan Dengan Presiden Haiti Wyclef Jean
Kapanlagi.com - Presiden Haiti Rene Preval, menerima kunjungan penyanyi Wyclef Jean bersama rombongan untuk sebuah diskusi yang diduga tentang rencana pencalonannya sebagai presiden di negara yang diporakporandakan oleh gempa itu. Kini warga menunggu untuk mendengar apakah bintang hip-hop itu diperkenankan bersaing dalam pemilihan presiden mendatang.

"Ia bersama Preval saat ini," kata seorang anggota rombongan mantan vokalis grup peraih Emmy, Fugee itu kepada AFP, di Port- Au-Prince, Kamis (19/08).

Tapi ia tak mengatakan apakah Wyclef telah dipanggil untuk mendengar keterangan mengenai nasibnya tentang keabsahan untuk mencalonkan diri dalam pemungutan suara.

Pertemuan tersebut berlangsung sehari sebelum dugaan disiarkannya daftar calon oleh Dewan Pemilihan Umum Haiti tentang pemilihan Presiden 28 November.

Wyclef adalah salah satu dari 34 warga Haiti yang mengajukan pencalonan diri untuk maju sebagai presiden, posisi yang menarik kendati ada kesulitan yang tersebar luas dan masalah yang tampaknya tak dapat diatasi yang bertambah parah akibat gempa 12 Januari lalu.

Kebanyakan bangunan di ibu kota Haiti itu rata dengan tanah akibat guncangan dahsyat tersebut.

Pemungutan suara itu adalah yang pertama sejak gempa yang menewaskan sedikitnya 250.000 orang dan membuat 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal. Pemenang dalam proses demokrasi itu akan menggantikan Rene, yang dilarang mencalonkan lagi.

Wyclef sendiri menghadapi tantangan mengenai apakah dirinya memenuhi persyaratan jadi presiden setelah tinggal di Amerika Serikat selama bertahun-tahun, dan tentang pajak yang menunggak.

Aktor Sean Penn yang mengelola kamp untuk warga Haiti yang kehilangan tempat tinggal telah menuduh Wyclef menyalahgunakan ratusan ribu dolar AS yang dikumpulkan setelah gempa. Dana itu seharusnya untuk yayasan amal yang dikelolanya.

Dalam satu laporan Selasa (17/8), New York Times menyoroti sejarah manajemen keuangan yang buruk di yayasan Jele Haiti, yang didirikan Wyclef, termasuk pembayaran US$250.000 yang dilakukannya kepada satu stasiun televisi.Wyclef dan seorang sepupunya dilaporkan telah menerima uang itu.

Dalam satu pernyataan, Wyclef mengaku adanya salah langkah di yayasan tersebut sebelum gempa tapi menyebut pernyataan bahwa uang US$250.000 disalahgunakan sebagai 'kepalsuan nyata' yang disebarkan oleh mantan pegawainya yang tidak puas.

"Mantan pegawai yang tak senang, desas-desus lama dan klaim negatif yang berlangsung lama semata-mata adalah pengalihan dari saat penting ini, ketika para penasehat ku dan aku perlu sepenuhnya memusatkan perhatian pada situasi di Haiti," katanya.    

(ant/dar)

REKOMENDASI
TRENDING