SELEBRITI

4 Seleb Ini Putuskan Tak Ingin Punya Anak - Lebih Pilih Adopsi, Simak Alasannya

Selasa, 14 Desember 2021 12:33 Penulis: Dhia Amira

Gita Savitri Devi, Chef Juna, Cinta Laura (credit: instagram.com/gitasav, instagram.com/junarorimpandeyofficial, instagram.com/claurakiehl)

Kapanlagi.com - Sebenarnya sudah lama childfree menjadi salah satu perbincangan di dunia. Namun baru-baru ini saja childfree menjadi salah satu perbincangan yang ramai dibicarakan. Ya, walaupun di Indonesia sendiri childfree menjadi salah satu pilihan yang asing, namun sebenarnya sudah banyak wanita di Indonesia yang memilih itu.

Ya, beberapa bahkan datang dari publik figure. Bukan hanya publik figure wanita saja, bahkan publik figure pria juga ada yang berpikir untuk melakukan childfree. Tentu keputusan ini menjadi sebuah pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun, para publik figure ini berani mengungkapkan ke publik dan memberikan alasan atas keputusan mereka.

Nah, siapa saja ya publik figure yang memutuskan untuk tidak memiliki anak? Nah, berikut ini 4 publik figure yang memutuskan untuk childfree hingga melakukan adopsi. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Gita Savitri Devi

Tentu kalian tahu bahwa, Gita Savitri Devi menjadi salah satu selebgram yang menghebohkan untuk memilih childfree. Ya, ia menjadi salah satu selebgram yang memilih untuk childfree. Alasan Gita Savitri Devi sendiri untuk tidak ingin memiliki anak karena murni sebuah keputusan yang dibuat berdua.

Ya, Gita Savitri Devi dan suami sependapat bahwa, memiliki anak merupakan sebuah keputusan besar. Sehingga mereka khawatir tidak bisa bertanggung jawab, dan hanya akan menyakiti sang anak saja. Selain itu, Gita Savitri menilai memiliki momongan bukanlah sebuah kewajiban dalam hidup dan ia berhak memilih untuk hidup tanpa memiliki seorang anak.

2. Cinta Laura

Heboh dengan berita childfree, Gita Savitri. Cinta Laura juga bersuara bahwa ia tidak ingin memiliki seorang anak. Berbeda pendapat dari Gita Savitri, Cinta Laura memilih hal tersebut karena sebuah pemikiran tentang populasi manusia di dunia. Ya, dalam kanal YouTube The Hermansyah A6, Cinta Laura berkata bahwa populasi manusia di dunia ini sudah sangat padat.

Cinta Laura juga berkata bahwa, ia juga ingin mengadopsi seorang anak saja. Selebriti cantik berusia 28 tahun ini merasa bahwa dalam kondisi saat ini mengadopsi anak lebih baik daripada melahirkan seorang anak. Ia berpendapat bahwa, mengapa harus melahirkan satu manusia lagi kalau aku bisa mengadopsi seorang anak.

"Kenapa aku harus melahirkan satu manusia lagi kalau aku bisa mengadopsi anak yang sekarang nggak punya siapa pun yang menjaga mereka. Nggak punya siapa pun menyayangi mereka. Banyak anak-anak di luar sana yang terlantar. Aku mau membantu mereka," ungkap Cinta Laura.

Selain itu, Cinta Laura juga berkata bahwa ia belum berpikir untuk menikah saat ini. Cinta juga berkata bahwa kedua orangtuanya tidak memaksakan Cinta Laura untuk menikah dengan cepat ataupun memiliki seorang anak. Karena hal ini, Cinta juga bersyukur karena orangtuanya sangat mengerti dirinya dan menghormati keputusannya.

3. Chef Juna

Tidak hanya publik figure wanita saja yang memilih untuk tidak memiliki anak, namun publik figure pria juga ada yang memilih untuk tidak memiliki anak. Ya, Chef Juna menjadi salah satu publik figure yang memilih untuk childfree. Hal ini juga bukan karena sebuah keputusan ringan, Chef Juna memilih ini karena ada alasan mendalam.

Ya, dalam kanal YouTube PUELLA ID, Chef Juna mengatakan bahwa ia merupakan seorang yang datang dari broken home. Sehingga ia mengaku sedari dulu pemikirannya beda dari orang kebanyakan. Dan memiliki seorang anak bukan menjadi sebuah kewajiban dan prioritas. Chef Juna bilang bahwa, pemikiran ini juga timbul karena ia sudah lama tinggal di Amerika.

Ia berkata bahwa, di negara tersebut tidak menjadikan seorang pasangan harus memiliki anak. Namun, walaupun begitu Chef Juna bukan tak ingin memiliki anak sama sekali. Hanya saja ia memiliki pemikiran bahwa, bila sang istri tak ingin memiliki anak, maka ia tak harus memaksakan punya anak.

"Untuk punya anak itu kerjaan berdua. Kita tidak bisa menginginkan sesuatu dan yang bersangkutan yakni istri keberatan, itu sama saja memaksakan kehendakan," ungkap Chef Juna.

4. Victoria Tunggono

Dan yang terakhir ada Victoria Tunggono yang merupakan seorang penulis kondang yang ada di Indonesia. Ya, bukan hanya memutuskan untuk childfree saja, namun Victoria Tunggono juga membuat sebuah buku untuk pilihan mengapa seorang ingin childfree. Ya, Victoria memiliki buku berjudul Childfree and Happy.

Victoria mengaku, buku yang ditulis olehnya didasarkan pada hasil wawancaranya dengan belasan anggota sebuah komunitas bebas anak (freechild community) di Facebook di mana ia juga menjadi anggotanya. Ya, Victoria memutuskan untuk childfree bahkan sejak usia 14 tahun. Dalam buku tersebut Vitoria menceritakan perjalanannya memutuskan untuk childfree.

Wanita berusia 37 tahun ini berkata bahwa, selama ini menurutnya, sudah banyak kaum Hawa yang berkeinginan untuk tidak memiliki keturunan. Namun, opsi itu sulit diambil mengingat kuatnya budaya patriarki di Indonesia, dan masih bertahannya stigma sosial bahwa perempuan yang menikah harus memberikan keturunan pada suaminya.

Itulah beberapa publik figure yang memilih untuk tidak memiliki seorang anak. Baik itu keputusannya untuk childfree hingga adopsi. Kita hanya harus menghormati semua keputusan hidup seseorang karena setiap pilihan yang diambil ada pertimbangannya.

(kpl/gen/dhm)

Editor: Dhia Amira


REKOMENDASI
TRENDING