Anak Zainuddin MZ Ikuti Jejak Sang Ayah

Rabu, 06 Juli 2011 00:40 Penulis: Ahmat Effendi
Anak Zainuddin MZ Ikuti Jejak Sang Ayah Almarhum Zainaddin MZ
Kapanlagi.com - Sepeninggal kyai sejuta umat KH Zainuddin MZ, anak pertamanya Fikri Haikal MZ digadang-gadang bakal menggantikan peran sang ayah. Saat disinggung mengenai hal itu, Fikri pun mengaku menyerahkan semuanya kepada umat.

"Wallahuallam kalau menggantikan ayah, lagi-lagi umat yang akan menentukan, saya sudah ikhtiar, sudah ke arah sana, terserah umat nantinya," ujar Fikri saat ditemui di rumah duka di jalan H. Aom, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (05/07).

Mantan kekasih artis Vira Yuniar itu pun mengatakan jika ayahnya juga tidak memaksakan mengenai profesi dakwah yang dijalaninya.

"Secara spesifik sih nggak, beliau moderat, terserah anak, kita paham, anak punya nasib sendiri dan sudah ditentukan. Terserah anak mau jadi apa," ujarnya.

Hanya saja Fikri mendapatkan amanat dari almarhum, bahwa apa yang sudah ada, seharusnya diteruskan oleh sang anak. Selain itu sejak 3 tahun yang lalu, Zainuddin MZ sudah meminta untuk dimakamkan di samping masjid.

"Beliau bilang teruskan yang sudah ada. Menjalankan amanat, 2-3 tahun lalu memang pesan pingin dimakamkan di areal masjid. Karena beliau punya cita-cita di lingkungan ini mau didirikan asrama dan sekolahan. Memang ada tradisi kyai dimakamkan di situ (masjid)," ujar Fikri.   

(kpl/adt/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING