Anies Ingin Anak Muda Jadi Optimis Yang Realistis

Senin, 09 Januari 2017 18:34 Penulis: Iwan Tantomi
Anies Ingin Anak Muda Jadi Optimis Yang Realistis © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Masih ingat kehadiran Anies Baswedan pada IdeaFest 2016 kemarin? Anies yang hadir pada hari kedua penyelenggarakan festival anak-anak muda kreatif tersebut turut memberikan warna tersendiri.

Salah satu hal yang cukup membenak adalah bagaimana Anies merasa tersanjung bisa hadir kembali di sana. Dalam sambutannya Anies mengungkapkan senang bisa kembali ke IdeaFest.

Menurutnya IdeaFest memberi ruang bahasan bukan sekadar hadir untuk jadi ruang perdebatan. “Kita berikan ruang untuk memunculkan gagasan jadi orang Indonesia,” sambung Anies.

Pada kesempatan itu, Anies didaulat sebagai pembicara dengan topik: Your Question. His Answer. About Indonesia. Uniknya, pertanyaan yang dilayangkan ke Anies dipilih langsung dari para netizen yang telah mengirimkannya lewat media sosial.

Salah satu pertanyaan yang cukup menyita perhatian adalah alasan Anies tampak selalu optimis. Dengan mantap Anies pun menjawabnya di hadapan banyak peserta IdeaFest.

“Saya sering berinteraksi dengan anak muda yang optimis, seperti orang-orang yang ada di sini. Tapi saya tidak ingin jadi optimis muda, tapi optimis yang realistis.”

Lantas bagaimana tanggapan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja ini saat ditanya optimismenya pada Indonesia?

“Bukan saja optimis, tapi sangat optimis. Saya sudah keliling dari tempat yang sulit aksesnya, minim fasilitasnya sampai gedung-gedung pencakar langit. Saya banyak bertemu orang yang optimis.”

Namun, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 ini juga menyangkan masih banyaknya masyarakat yang sering memandang Indonesia lebih negatif.

“Kalau ada kabar buruk soal Indonesia mereka yakin, kalau ada kabar baik harus diuji duli. Indonesia seringkali mengecewakan orang-orang yang optimis. Kita punya peluang banyak. Optimisme itu menular. Apapun yang kita hadapi, yang haru kita ubah mindset. Cari apa yang kita buat optimis.”

Well, meski IdeaFest 2016 sudah berakhir, semoga kita termasuk anak muda optimis yang realistis sebagaimana yang diinginkan Anies Baswedan, ya.

(kln/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING