Ayah Vidi Aldiano Gelar Pelatihan Sound System

Selasa, 21 Juni 2011 18:35 Penulis: Anton
Ayah Vidi Aldiano Gelar Pelatihan Sound System Harry Kiss
Kapanlagi.com - Sukses melanglang buana di dunia entertainment, ayahanda Vidi Aldiano, Harry Kiss, merasa perlu membagi ilmunya di bidang Audio System Engineer dan Sound Engineer. Untuk merealisasikan niatannya itu, Harry Kiss Production menggandeng Fakultas Teknik Universitas Indonesia menggelar pelatihan bernama Audio System Engineer Training (ASET) di Kampus Universitas Indonesia, Depok, 27 - 30 Juni 2011.

Menurut Harry, maraknya dunia hiburan di Indonesia saat ini membutuhkan para ahli audio system dan sound engineer yang profesional, serta memenuhi qualified.

"Pelatihan ini diharapkan menghasilkan lulusan sebagai Audio System Engineer dan Sound Engineer berkualitas sangat baik. Para lulusan diharapkan dapat bekerja mandiri dan mendapatkan penghasilan yang baik dengan bekal ilmu yang diajarkan dalam ASET," kata Harry Kiss, pimpinan Harry Kiss Production dalam siaran persnya, Selasa (21/6).

Lebih lanjut, Harry menjelaskan bahwa untuk mengikuti pelatihan ini tidak diperlukan latar belakang ilmu tertentu. Para peserta pelatihan akan dibekali ilmu audio yang benar dan ilmiah, sehingga mendukung ilmu lapangan yang selama ini. Banyak sound engineer yang salah kaprah dalam penerapannya.

"Jadi siapa saja boleh mengikuti training ini, anak SMA yang sedang liburan pun boleh. Mereka akan diajari bagaimana ngeset sound system untuk band, orkestra, talkshow untuk acara televisi, setting untuk gereja, masjid, agar suaranya terdengar jelas dan jernih. Bahkan juga setting untuk berbagai upacara besar, misalnya untuk acara-acara militer dan kepolisian," ujarnya.

Adapun materi yang disampaikan meliputi gelombang audio, amplitudo, panjang gelombang, frekuensi, kecepatan suara, phase, decible, SPL, addition & cancelation, octave decade, ISO, freq respons, comb filter, gain setting, headroom, warm signal, voltage rail, dasar-dasar akustik, audio transducer (microphone), teknik mixing, direct sound, speaker point source, speaker array, subwoofer coupling with surface (ghost speaker), sub directivity, dasar-dasar amplifier, dasar-dasar loudspeakers, pembagian subwoofer, mid dan hi-freq speaker, dll.

"Juga peserta bakal diajarkan bagaimana meremote mixer digital dengan iPad melalui WiFi," kata Harry.

Adapun para pengajar pelatihan ini adalah sejumlah dosen Fakultas Teknik Indonesia, para praktisi dan ahli-ahli audio engineering dari sejumlah stasiun televisi di Indonesia. Conductor Addie MS juga akan berbagi pengalaman dalam pelatihan ini.

Pelatihan ASET ditawarkan dalam dua klasifikasi, yakni ASET Express dan ASET Lengkap.

"ASET Express merupakan pelatihan selama empat hari nonstop, dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Sedangkan ASET lengkap dilakukan selama 10 hari, atau ada tambahan enam hari setelah ASET Express," jelas Harry. 

(kpl/buj/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING