SELEBRITI

Ayu Azhari Siap Jadi Duta Budaya Promosikan Kain Tenun NTT

Kamis, 25 Maret 2021 10:24 Penulis: Canda Dian Permana

Ayu Azhari (credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Sejak beberapa tahun lalu kain tenun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian bintang film senior Ayu Azhari, salah satu kain yang sering digunakannya berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk tenun NTT, bahkan Ayu pernah mempromosikannya ke berbagai pameran budaya bergengsi di Eropa.

"Saya sendiri punya bentuk kepedulian tersendiri soal tenunan ini. Saat tenunan daerah NTT menjadi berita nasional sejak satu dekade lalu, saya turut serta mempromosikan sampai ke kota-kota penting di manca negara. Salah satunya dalam tour dan diplomasi budaya ke London di mana saya mempromosikan ciri khas tenunan daerah,” kata Ayu Azhari berbicara di Wabiner Exotic Tenun Fest di Kupang NTT, bersama Julie Sutrisno Laisodat istri Gubernur NTT, Dr. Victor Laiskodat dan Ricky perwakilan Bank Indonesia,” Selasa (23/3/2021).

1. Tema UMKM Goes Global

Tema yang diusung dalam Festival tersebut adalah UMKM Goes Global. Dalam sesi talk show UMKM Tenun Goes Digital Business Matching, Ayu menegaskan NTT kini sudah menjadi pusat peradaban Tenun Indonesia.

Ibu enam orang anak ini pun menyatakan siap menjadi duta budaya tenun NTT.

”NTT ini memiliki budaya tinggi, yang tercermin dalam produk Tenun, jadi NTT adalah pusat peradaban tenun di Indonesia. Saya siap untuk menjadi duta budaya mempromosikan karya tenun masyarakat Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

2. Akan Membawa Perubahan

Istri musisi Mike Tramp ini berharap Exotic Tenun Fest yang berlangsung selama tiga hari di Kupang NTT, akan membawa perubahan bagi masyarakat NTT dengan pembinaan dan jiwa enterpreneur yang kuat.

"Sudah lama NTT menjadi pusat dunia, tipe masyarakat yang religius,dengan mayoritas penganut agama yang taat, juga mempunyai pusat pendidikan Teologi yang terbaik, berkelas dunia di tanah Flores. Nah, modal ini bisa dikembangkan lebih lanjut dari religious diplomacy kepada new global challenge dalam UMKM Goes global itu,” kata Ayu.

3. Dua Kali Jokowi Kenakan Tenun NTT

Sementara itu, Julie Sutrisno Laiskodat menceritakan sejak beberapa tahun lalu ia sudah mempromosikan kain tenun tradisioanl NTT dalam banyak event bergengsi di Eropa dan Amerika.

Yang membuat Julie bangga bahwa Presiden Jokowi Widodo sudah dua kali mengenakan tenun NTT dalam kegiatan kenegaraan. ”Itu kebanggaan bagi perajin tenun tradisional dan masyarakat NTT,” ujarnya.

4. Ceritakan Perjuangan Tenun Pada Dunia

Julie menceritakan, perjuangannya untuk mengenalkan tenun pada dunia internasional, diawali pada September 2017 kain tenun asal NTT untuk pertama kali tampil dalam pagelaran tunggal Couture New York Fashion Week.

Pada 27 Februari-6 Maret 2018, Julie yang juga seorang desainer, berhasil membawa kembali kain tenun ke sebuah ajang pagelaran mode bergengsi dunia, yakni Paris Fashion Week 2018 di Paris.


REKOMENDASI
TRENDING