Begini Cara Pandji Pragiwaksono Atasi Momen Nge-bomb di Stand Up

Selasa, 16 Agustus 2016 17:15 Penulis: Girindra Permana Cahya
Begini Cara Pandji Pragiwaksono Atasi Momen Nge-bomb di Stand Up Pandji Pragiwaksono © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Pandji Pragiwaksono bisa dibilang artis yang serba bisa. Mengawali karir sebagai penyiar, kini namanya terkenal sebagai salah satu dedengkot Stand Up Comedy tanah air.

Tentu saja banyak panggung yang telah dijajaki oleh pria berusia 37 tahun ini untuk urusan Stand Up Comedy. Momen nge-bomb (jokes yang dikeluarkan gak lucu atau garing) jelas sudah pernah ia rasakan. Terus, gimana nih cara Pandji keluar dari momen itu? Semua diungkapkannya saat media visit ke Kantor KapanLagi.com di Tebet, Jakarta Selatan (15/8).

"Di Stand Up itu ada dua teknik utama, yang satu namanya slide, nge-bomb kalau kita gagal, nge-kill itu kalau kita berhasil lah. Kalau kita nge-bomb langsung slide ke berikutnya sebelum orang itu ngeh bahwa barusan kita gagal. Jadi ketika ngelempar (jokes) orang nggak ada reaksi kita langsung ngomong lagi. Jadi otak orang itu akan fokus dengan apa yang kita omongin. Kebanyakan yang amatir setelah lempar jokes ditunggu (orang sampai ketawa) sementara orang diam wah nggak lucu nih. Jadi sebelum orang itu ngeh, kita geser ke jokes berikutnya," kata Pandji.

Pandji Pragiwaksono berbagi pengalaman masalah nge-bomb © KapanLagi.com/Budy SantosoPandji Pragiwaksono berbagi pengalaman masalah nge-bomb © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Dan (teknik) yang kedua kalau udah geser-geser tapi orang tetap nggak ngena (nggak ketawa) ada yang namanya di-aminin. Diterima saja kalau kita lagi nggak lucu dan membuka diri aduh maaf ya saya lagi nggak lucu nih hari ini. Biasanya penonton langsung ketawa karena pada detik itu mereka melihat momen yang real. Dia menertawakan kegagalan komika ini ngelawak," lanjutnya.

Bagi Pandji, nge-bomb itu adalah resiko semua komedian. Pernah Pandji nge-bomb saat tampil di acara dari perusahaan-perusahaan. Ia pun tak ragu untuk membagikan pengalamannya sebagai berikut.

"Yang nonton kan kemungkinan besar nggak kenal kita atau nggak satu selera sama kita. Jadi saya masih nge-bomb, kalau saya lagi nge-bomb ada dua kondisi fisik yang langsung nyata berasa tenggorokan tiba-tiba kering banget, terus keringat langsung basah dan itu masih terjadi sampai sekarang. Nyebelin memang," pungkasnya seraya tertawa.

Pandji sendiri kini sedang mengadakan tur dunia untuk panggung Stand Up Comedy yang diberi tajuk Juru Bicara. Titik-titik yang dituju Pandji adalah kota-kota besar di dunia. Yang penasaran sama jadwalnya bisa kalian cek deh di sini.

(kpl/rhm/otx)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING