SELEBRITI

Bukan Jalan-Jalan, Rachel Amanda Ternyata Baru Hadiri Konferensi PBB di Kenya

Rabu, 11 Desember 2019 11:15 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Rachel Amanda © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - November lalu Rachel Amanda baru saja pulang dari Kenya. Siapa sangka, tujuannya pergi ke sana ternyata bukan sekadar jalan-jalan, melainkan mengikuti program dari salah satu badan di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Program tersebut bernama Youth Advisory Panel. Sebuah program bagi para pemuda untuk mewujudkan misi dari UNFPA (United Nation Population Fund) yang merupakan salah satu badan di PBB tersebut.

"Aku sekarang lagi volunteering di salah satu program UNFPA, jadi bagian Youth Advisory Panel. Aku sebagai badan penasehat pemuda lah," ucap Rachel usai acara Summit On Girls di Balai Kartini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (10-12).

1. Jadi Perwakilan Indonesia

Rupanya Rachel Amanda menjadi perwakilan dari Indonesia. Bersama perwakilan lainnya, Rachel menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukannya di Kenya.

"Jadi aku di Kenya itu perwakilan, dikirim sama kantor untuk belajar dan konservasi, untuk melihat apa sih yang terjadi di dunia nih," jelasnya.

"Karena UNFPA bergeraknya fokusnya untuk populasi makanya kita ngomongin soal sexual reproduction health, KB, family planning, isu perempuan, dan lain-lain," ucapnya lagi.

2. Lihat Praktek Kerja Negara Lain

Konferensi yang dihadiri Rachel adalah ICPD 25 Nairobi Summit. Dengan menghadiri konferensi tersebut, pemain film DUA GARIS BIRU ini pun dapat membandingkan sistem dari negara lain hingga akhirnya ada yang bisa dibawa ke Tanah Air.

"Kenapa ada ICPD itu, kita ngumpul justru kita mau rembukin lagi nih. Kita punya komitmen 25 tahun yang lalu. Jadi tahun 94 ada conference yang sama untuk memperjuangkan hak-hak ini, 25 tahun kemudian which is kemarin dipertanyakan ulang, udah tercapai belum, kita harus ngapain lagi," jelas Rachel.

"Sebenernya aku dikirim untuk ngeliat sih gimana praktek di negara lain, dan kemudian ada yang berhasil ngga, ada yang bisa diambil ngga untuk bisa dibawa ke sini," pungkasnya.

Selain sibuk bermain film, nyatanya aktris berusia 24 tahun ini masih peduli dengan kegiatan sosial dengan mengikuti program volunteer tersebut. Terus menginspirasi ya, Rachel!


REKOMENDASI
TRENDING