Cara The Changcuters Cinta Lingkungan, Dimulai Dari Tidak Buang Sampah Sembarangan

Senin, 27 November 2017 16:15 Penulis: Natanael Sepaya
Cara The Changcuters Cinta Lingkungan, Dimulai Dari Tidak Buang Sampah Sembarangan The Changcuters © KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

Kapanlagi.com - Dibalik gayanya yang slengean di atas panggung, rupanya grup band The Changcuters sangat peduli dengan lingkungan sekitar. Baru-baru ini kelima personilnya yakni Tria Changcuters, Qibil, Eric, Dipa dan Alda terlibat dalam acara Djarum Trees for Life: Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura.

Jika biasanya mereka memegang alat musik, kali ini mereka memegang cangkul untuk menanam beberapa pohon trembesi. Pelantun Racun Dunia itu pun mengaku sangat senang bisa mengikuti program yang dapat membantu penghijauan lingkungan.

"Kami sangat dukung program penanaman trembesi ini. Pohon trembesi kan sangat menyerap air. Salah satu penanggulangan banjir itu ya penanaman pohon trembesi ini di tengah kota," ujar Qibil di Alun-alun Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (22/11).

"Makanya kebayang gitu kalau salah satu daerah di Madura ini, sudah ditanami trembesi, penghijauan sudah mulai tumbuh berkembang, kebayang gitu Madura jadi salah satu aset Indonesia. Menjadi salah satu aset wisata indonesia lagi yang keren," tambah Tria.

© KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah© KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

Menurut para personil The Changcuters salah satu cara untuk peduli lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. "Sebenarnya nggak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari sih. Salah satu hal yang bisa menyatukan kita berlima adalah kebersihan dan kerapian. Jadi kita nggak suka banget ngelihat orang yang buang sampah sembarangan. Diawali dari itu lah, tidak membuang sampah sembarangan," papar Tria.

"Kita sih yang paling nyatanya itu. Kalau nggak ada (tempat) sampah, sakuin dulu lah atau kalau kita lagi bawa tas, masukin dulu ke tas. Kecuali itu sampah bekas nasi padang nggak bisa disakuin itu, susah, minimal harus cari plastik," kata Qibil seraya tertawa.

Tria cs pun sering mengajak para penggemarnya untuk peduli lingkungan cukup dimulai dari hal-hal yang kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan. "Itu sih yang sering kita omongin di atas panggung. Ketika kalian merengek soal banjir, musibah, belum tentu itu harus diselesaikan oleh pemerintah. Mungkin kitanya sendiri yang nggak sadar, kayak buang sampah gitu. Untuk hal-hal yang simple saja, tapi kayaknya masih susah sekali orang-orang untuk sadar soal itu," pungkas Tria.

(kpl/rhm/ntn)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING