SELEBRITI

Cegah Kista Ovarium, Ini 8 Makanan yang Baik untuk Jaga Kesehatan Rahim

Jum'at, 24 Juli 2020 17:33 Penulis: Dita Tamara

Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Bagi sebagian wanita, penyakit kista ovarium merupakan salah satu momok yang paling menakutkan. Sebab dikhawatirkan kista dapat berkembang menjadi penyakit kanker. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak para wanita muda yang terserang penyakit ini. Hal tersebut terjadi lantaran gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, kurang gizi, atau kebiasaan merokok sehingga mempengaruhi fungsi normal dari sistem reproduksi.

Kista ovarium sendiri merupakan penyakit tumbuhnya kantong berisi cairan di dalam ovarium atau indung telur wanita. Munculnya kista ovarium tergantung dari berbagai faktor. Bisa saja terkait dengan siklus menstruasi maupun akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Hal yang membuat kondisi ini berbahaya yaitu ketika kista ovarium pecah, memiliki ukuran yang besar, dan menghalangi aliran darah menuju ovarium.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan rahim sangat penting demi terhindar dari penyakit kista ovarium. Untuk itu, ada beberapa makanan yang baik apabila kalian konsumsi. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

1. Kacang-kacangan

Kandungan yang terdapat dalam kacang-kacangan dapat membantu menyembuhkan penyakit kista, karena dapat membantu mengatasi resistensi insulin di dalam tubuh sehingga penyakit kista yang ada di dalam tubuh tidak semakin parah malah dapat membantu menyembuhkannya. Oleh sebabnya, kalian bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut.

2. Selada

Mengonsumsi sayuran sangat di anjurkan untuk penderita kista agar dapat memenuhi nutrisi yang di perlukan tubuh. Selada salah satu sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita kista maupun untuk menjaga kesehatan rahim. Sebab, resistensi insulin-lah yang menjadi salah satu penyebab umum dari kista ovarium dan selada sayuran yang mampu menjadi obatnya.

3. Brokoli

Selain selada, brokoli menjadi sayuran yang sudah tidak diragukan lagi khasiat-nya untuk kesehatan tubuh. Sayuran ini rendah akan kalori serta indeks glikemik. Tidak hanya itu brokoli juga bersifat antikanker dan baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Oleh sebab itu, brokoli menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi guna menghancurkan penyakit kista.

4. Bayam

Bagi sebagian orang tentu akan sangat menyukai mengonsumsi bayam. Sayuran hijau ini ternyata juga mempunyai khasiat luar biasa salah satunya mampu menghancurkan kista.  Bayam menjadi makanan yang rendah kalori namun bergizi tinggi. Dengan begitu, kalian bisa konsumsi bayam ini secara rutin setiap hari.

5. Tomat

Tomat menjadi salah satu buah yang sudah tidak diragukan lagi mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Tomat mempunyai kandungan rendah indeks glikemik dan kaya likopen. Manfaat lainnya tomat juga tidak hanya sebagai anti penuaan dan penurun berat badan akan tetapi, tomat juga bisa menangkal kista ovarium.

6. Telur

Mengonsumsi telur memang sangat bagus untuk kesehatan reproduksi wanita. Pasalnya telur dipercaya mampu mencegah penyakit kista dan baik dikonsumsi penderita kista. Adapun cara mengonsumsinya dengan merebusnya terlebih dahulu. Setelah itu, makanlah telur putihnya saja dan jangan memakan telur kuningnya. Sebab, kuning pada telur mengandung kolesterol tinggi yang justru berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

7. Susu

Jika kalian penggemar susu, minuman yang satu ini sangat tepat kalian konsumsi untuk mencegah kista ovarium. Susu merupakan minuman sehat yang kaya akan kalsium, selain itu sangat baik di konsumsi oleh penderita kista. Rutinlah mengonsumsi susu minimal 2 kali dalam sehari. Namun yang perlu kalian perhatikan yakni pilihlah produk olahan dari susu seperti yogurt sebab sangat anjurkan untuk penderita kista maupun untuk melakukan pencegahan.

8. Ikan

Selain sayur-sayuran, kalian bisa juga mengonsumsi ikan untuk mencegah penyakit kista. Makanan yang satu ini memang kaya akan lemak sehat atau asam lemak omega 3. Dengan begitu akan membatu mengendalikan gangguan hormon dan mengatasi resistensi insulin penyebab penyakit kista. Sehingga sangat di anjurkan bagi penderita mengonsumsi ikan seperti salmon, sarden, atau mackerel.

Itulah sederet makanan yang baik untuk kesehatan rahim dan mencegah penyakit kista ovarium. Namun, yang perlu kalian ketahui, kalian juga harus menghindari beberapa makanan seperti daging unggas, minuman beralkohol, makanan cepat saji, minuman berkafein, durian, nanas, kelengkeng sawi putih, dan kangkung. Semoga bermanfaat.


REKOMENDASI
TRENDING