Cerita Parenting Mona Ratuliu, Berbagi Dengan Ibu Dari Anak Autis

Kamis, 29 Desember 2016 09:35 Penulis: Ahmat Effendi
Cerita Parenting Mona Ratuliu, Berbagi Dengan Ibu Dari Anak Autis Mona Ratuliu ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari ibu. Sebagai seseorang yang telah memiliki tiga orang anak, artis Mona Ratuliu pun sempat mendapatkan ucapan dari putra dan putrinya.

"Aku tidak ada kebiasaan. Mereka biasanya ucapin ke aku. 'I love you bunda'. Kalau yang cewek gampang bilang itu. Kalau yang cowok agak malu, mukanya agak merah. Dulu Mereka bikin gambar-gambar. Ada gambar love dan bunda. Sesederhana itu aja sih," ujar Mona Ratuliu di acara Terima Kasih Ibu di Pacific Place, SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (22/12).

Menikah dengan Indra Brasco sejak 14 September 2002, Mona memiliki tiga orang anak yaitu Davina Shava Felisa, Barata Rahadian Nezar dan Syanala Kania Salsabila. Dengan pengalamannya merawat tiga anak tersebut, Mona sempat menulis buku berjudul ParenThink. Buku yang merupakan karyanya itu sempat diberikan oleh Mona kepada ibu-ibu yang memiliki anak autis.

Artis cantik Mona Ratuliu berbagi pengalaman parenting. © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoArtis cantik Mona Ratuliu berbagi pengalaman parenting. © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Aku emang setahun lalu keluarin buku. Bagaimana orang ngasuh dan mendidik anak. Kita sebagai ortu harus punya kurikulum untuk anak. Itu aku ceritain di buku sih. Aku yakin ortu di sini punya pengalaman lebih dari aku," tuturnya.

Banyak pengalaman yang sudah dialami oleh Mona selama menjadi ibu. Termasuk ketika buah hatinya mulai bersikap melawan. Namun hal itu bisa diatasi dengan pendekatan yang baik.

"Dulu dia (anak) bilang aku nggak suka punya ibu kayak bunda. Itu hadiah banget buat aku. Lalu aku baca buku tentang (pola) asuh tentang pendidikan. Jadi nggak kayak cubit atau marah-marah. Jadi pendekatan yang baik itu bermanfaat banget sih," tandasnya.

(kpl/pur/sjw)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING