SELEBRITI

Cinta Laura Bangga Dipilih Jadi Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Selasa, 30 Juli 2019 12:45 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Cinta Laura © Kapanlagi/Adrian Utama Putra

Kapanlagi.com - Aktris dan penyanyi Cinta Laura resmi ditunjuk menjadi Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penyerahan gelar tersebut dilaksanakan di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gambir, Jakarta Pusat, (29/7). Dalam pidatonya, Cinta Laura pun menyampaikan tiga poin penting yang harus disosialisasikan kepada masyarakat.

"Intinya ada tiga hal yang harus disosialisasikan yaitu satu kekerasan merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia. Setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak tidak boleh menjadi korban dan pelaku kekerasan, setiap manusia berhak untuk hidup secara baik serta diperlakukan secara adil dan setara," ujar Cinta Laura.

"Kedua, keluargamu harus menjadi tempat nomor satu untuk mengadu, bercerita, meminta pendapat, bertanya dan sebagainya, bukan orang lain yang tidak tahu keseharianmu apalagi teman online. Nomor tiga, perempuan dan anak jangan pernah merasa bersalah saat menjadi korban kekerasan apapun itu bentuknya. Entah itu karena cara berbusana, berteman, berkendara, pekerjaan dan sebagainya, pelakulah yang punya masalah dan kebetulan kita yang menjadi korbannya," lanjutnya.

1. Bangga dan Terharu

Dinobatkan sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Cinta Laura. "Aku merasa bangga sekali dan terharu sekali karena sudah dipilih sebagai duta anti kekerasan, karena menurut aku di Indonesia kita perlu lebih banyak lagi role model wanita-wanita kuat yang berani mengekspresikan opini mereka," kata artis 25 tahun itu.

Kedepannya Cinta Laura pun berencana untuk datang ke kota-kota terpencil di Indonesia untuk mensosialisasikan beberapa programnya.

"Kita akan cari schedule yang tepat supaya aku kedepannya bisa ke kota-kota terpencil di Indonesia dan mengadakan seminar-seminar dan pokoknya event-event di mana wanita-wanita dan anak-anak Indonesia bisa hadir dan mereka bisa belajar lebih banyak lagi tentang program dan Undang-Undang yang udah ada Indonesia untuk melindungi diri mereka sendiri," paparnya.

2. Harapan Cinta Laura

Cinta Laura merasa sangat miris dengan banyaknya kekerasan yang terjadi di Indonesia saat ini. "Sedih banget zaman sekarang tuh bullying kekerasan bisa terjadi di mana aja, bisa terjadi lewat sosial media, di sekolah, di rumah, kekerasan nggak cuma suami istri aja, misalnya teman, nggak kenal, siapapun itu bisa terjadi sama siapapun," kata pelantun Vida itu.

Ia pun berharap banyak public figure lainnya yang juga peduli tentang isu ini. "Jadi makanya penting banget mudah-mudahan nggak cuma aku aja, tapi kedepannya public figure lainnya ikut partisipasi dan mensosialisasikan poin-poin yang tadi aku bilang. Yang paling penting korban jangan merasa bersalah kita harus bisa merasa aman berbicara dengan keluarga kita karena itu support sistem terbaik," pungkasnya.

(kpl/rhm/frs)

Reporter: Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING