Dalam Film Mereka Oke, Kalau di Atas Panggung Teater?

Rabu, 28 September 2016 17:06 Penulis: Mahardi Eka
Dalam Film Mereka Oke, Kalau di Atas Panggung Teater? Kapanlagi.com®

Kapanlagi.com - Pementasan teater BUNGA PENUTUP ABAD menghadirkan empat aktor ternama, Reza Rahadian, Chelsea Islan, Happy Salma, dan Lukman Sardi. Sudah tak perlu diragukan lagi bahwa akting keempatnya teruji dalam film-film ajang penghargaan di Indonesia.

Namun, ternyata untuk tampil apik di atas panggung butuh perjuangan tersendiri. Reza Rahadian yang bisa dikatakan baru dalam dunia teater menemukan banyak sekali hal baru.

"Menghapal naskah masih sulit. Blocking, timing dengan musik, setnya juga. Semua serba baru," serunya antusias ketika ditemui di Gedung Kesenian Jakarta tempo hari. Sama seperti Reza, Happy Salma pun merasa tertantang untuk beradaptasi dengan musiknya. "Perasaan musiknya kencang banget," ujar Happy. Untuk beradaptasi, keempat aktor tersebut berlatih hampir setiap hari dan mempersiapkan diri selama tiga bulan penuh.

Lain lagi dengan Chelsea Islan yang mengaku baru pertama kali bermain dalam sebuah pementasan dengan banyak dialog. "Aku harus beradaptasi dengan lagu dan panggung. Selain nyanyi aku juga harus blocking dan jaga tempo. Ini sesuatu yang baru dan menantang," ujarnya. Bahkan bagi aktor sekelas Lukman Sardi, pementasan semacam ini menghadirkan tantangan yang tinggi.

"Ini buat aku sendiri sebuah kesempatan yang sangat menarik. Lebih sering ke film, ini di panggung pengalaman luar biasa. Sesuatu hal yg adrenalinnya muncul terus. Tiba-tiba di kepala. Memikirkan terus ini dialog sudah bener belum ya," terang aktor watak satu ini. Cerita dalam pementasan BUNGA PENUTUP ABAD ini adalah benang merah yang
menghubungkan antara BUMI MANUSIA dan ANAK SEMUA BANGSA karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

"Kita mengambil kisah cinta melalui surat-surat. Kita memilih karena tidak bisa diambil semua. Jadi ini transisi antara BUMI MANUSIA dan ANAK SEMUA BANGSA," jelasnya. Ditambahkannya, penggarapan naskahnya sendiri memakan waktu sampai satu tahun lamanya. Dibutuhkan 10 draft naskah hingga akhirnya naskah finalnya dipentaskan.

Seperti apa penampilan keempatnya di atas panggung? Simak lewat foto-foto di bawah ini.








(kpl/pur/dka)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING