Deretan Ide Joko Anwar Buat Kamu yang Ingin Ikut Kelontong Dekat Berdampak Story Competition

Selasa, 01 Juni 2021 14:50 Penulis: Wuri Anggarini
Deretan Ide Joko Anwar Buat Kamu yang Ingin Ikut Kelontong Dekat Berdampak Story Competition (c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Deretan judul film beken seperti PENGABDI SETAN, MODUS ANOMALI, hingga PEREMPUAN TANAH JAHANAM berhasil ditelurkan oleh sutradara kenamaan Joko Anwar. Namun pernah nggak sih jika karya ceritamu dibaca dan diseleksi langsung oleh Joko Anwar?

Gampang banget, kamu tinggal ikutan Kelontong Dekat Berdampak Competition yang bakal diseleksi langsung oleh Joko Anwar. Sebelum menilai karya kamu, Joko Anwar kasih ide buat bikin story yang menarik. Apa saja?

Cari Cerita yang Paling Dekat dengan Diri Sendiri

Memang nggak bisa dipungkiri jika cara mencari cerita yang paling baik adalah berdasarkan situasi terdekat. Bisa lingkungan sekitar ataupun sesuatu yang ditemukan secara nggak sengaja. Joko Anwar pun memberi saran buat mencari sesuatu yang unik dari lingkungan sekitar. "Cari yang paling dekat dulu, bisa dimulai dari keluarga, tetangga, bahkan hingga sesuatu yang nggak sengaja," ujar Joko Anwar.

Pengalaman Pribadi Saat Ke Toko Kelontong

Setelah berdasarkan pengalaman terdekat, untuk menguatkan penceritaan dalam ikutan Kelontong Dekat Berdampak Competition adalah lewat pengalaman pribadi saat sedang belanja. Bisa jadi kamu bisa menemukan sesuatu yang otentik dan bisa kamu tuangkan dalam cerita yang kamu kirimkan.

Observasi dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Joko Anwar juga berpesan untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan buat melakukan observasi. Bukan tanpa alasan, karena memang isu kesehatan masih perlu diperhatikan mengingat pandemi masih belum usai. "tips dan trik untuk bisa mengambil angle cerita yang bagus adalah dengan melakukan observasi. Tapi tetap lakukan dengan protokol kesehatan agar terhindar dari risiko kesehatan," tambah sutradara MODUS ANOMALI ini.

Joko Anwar juga menambahkan untuk membuat cerita yang selalu relevan untuk dibaca oleh segala kalangan. "Cerita yang dibikin akan menjadi lebih menarik jika relevan terhadap situasinya, maka sesuaikan dari sudut pandang pembaca juga." tutup Joko Anwar.

(c) SRC(c) SRC

Sudah tahu kan tips dan trik dari Joko Anwar soal cara membuat naskah cerita? Jika sudah, maka kamu perlu ikutan Kelontong Dekat Berdampak Story Competition yang diadakan oleh SRC dan Kapanlagi.com. Kompetisi ini mengangkat tema utama Kisah Toko Kelontong yang berdasarkan sudut pandang kreatif pembeli, pemilik, atau pun toko itu sendiri. Sebagai bagian dari toko kelontong, SRC sudah hadir membawa kebaikan seiring perkembangan zaman hingga menjadi toko kelontong masa kini yang selalu #DekatBerdampak buat masyarakat.

Kompetisi ini juga berlangsung untuk mengapresiasi serta mendorong masyarakat agar #KembaliKeKelontong. Nggak hanya menekankan kehadiran toko kelontong yang selalu dekat di tengah masyarakat, tapi juga meningkatkan daya beli masyarakat mengingat toko kelontong adalah salah satu pilar penggerak ekonomi bangsa.

Selain Joko Anwar, kompetisi ini akan diseleksi langsung oleh CEO Samara Group dan Founder Ideafest Ben Soebiakto, serta Direktur SRC Indonesia Rima Tango.Nggak main-main, kamu berkesempatan memenangkan hadiah senilai total 20 juta Rupiah.

(c) SRC(c) SRC

Cara ikutannya gampang, cukup tulis ceritamu dan sertakan foto estetik di Instagram Feed kamu. Cantumkan tagar #KelontongDekatBerdampak dan #SRCxKLY serta follow @SRCIndonesia ya. 

Pastikan tulisan kamu keren dan kreatif tanpa mengandung unsur SARA, plagiarisme, pornografi, politik, serta unsur lain yang melanggar hukum ya. Cantumkan pula foto terbaik tanpa mengandung unsur rokok di dalamnya.
Saatnya kamu ikutan Kelontong Dekat Berdampak Story Competition yang berlangsung dari 18 Mei hingga 22 Juni 2021. Info lengkapnya bisa kamu cek di sini ya!

 

 

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING