SELEBRITI

Di Bawah Sengatan Matahari, Igor Saykoji & Andovi da Lopez Tanam Bibit Pohon

Sabtu, 29 Juni 2019 15:35 Penulis: Guntur Merdekawan

Igor Saykoji dan Andovi Da Lopez tunjukkan aksi peduli lingkungan / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Rapper Igor Saykoji menujukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan dengan menghadiri Kampanye Siap Darling (Sadar Lingkungan di Kawasan Candi Prambanan, Klaten Jawa Tengah, Rabu (26/6). Pada gerakan yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation itu, Igor menghibur para pengunjung dan peserta dengan karya-karyanya di atas panggung.

Bahkan, pada kesempatan itu Igor juga mengenalkan single barunya yang bertema penghijauan, yakni Plastik. Lagu ini diciptakannya hasil obrolan dengan sang putra sulung, Aaron Miguel Penyami yang kini masih duduk di bangku SMP. Ini merupakan lagu ketiga yang diciptakan Igor bersama Aaron.

"(Lagu) Plastik ini dibuat sebagai bagian awareness tentang sampah plastik. Dan apa yang gue buat itu sejalan dengan acara kampanye ini, sekaligus perpanjangan karir saya dengan anak saya. Yang bisa saya lakukan ya awareness soal sampah plastik dan bahayanya melalui karya," papar Igor Saykoji.

Igor Saykoji / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaIgor Saykoji / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Lewat musik, Igor mencoba menjelaskan bahaya sampah plastik bagi kehidupan manusia dan juga lingkungan. "Plastik botol dibentuk dengan bahan kimia. Plastik itu polimer. Ada bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia. Mikroplastik yang tidak terurai dan lentur itu bisa menyebabkan sel kanker dalam tubuh manusia. Itu yang berbahaya," sambung Igor.

 

1. Pengalaman Pertama Andovi

Selain itu, Igor juga turut ikut menanam bibit pohon sawo di depan Candi Bubrah yang juga masih satu kawasan dengan Candi Prambanan. Aksinya itu juga diikuti oleh Youtuber kondang, Andovi Da Lopez. Meski disengat teriknya panas matahari, mereka seakan tak peduli.

Usut punya usut, ini adalah pengalaman pertama bagi Andovi untuk turun langsung menanam bibit pohon. Bintang film DILAN 1991 itu mengaku jika aksi tanam bibit pohom yang dilakukannya tak semudah yang dikira.

"Sepertinya mudah kan? Tapi buat gue, ternyata menanam pohon itu sulit. Sama sekali tidak mudah menanam pohon," ujar Andovi.

Menanam bibit pohon adalah salah satu aksi nyata bisa dilakukan manusia untuk melawan pemanasan global. Andovi mengaku jika pengetahuannya mengenai hal ini masih sangat minim. Ia pun lantas menghimbau agar anak-anak muda sekarang mau mempelajari tentang penanaman bibit pohon sedini mungkin demi menyelamatkan bumi.

"Pengetahuan gue minim kalau disuruh menanam pohon, padahal caranya itu sederhana banget. Ini pesan gue, jangan kayak gue yang baru tahu cara menanam pohon sekarang," tambah Andovi sambil malu-malu.

2. Igor Saykoji Cekatan

Jika Andovi tampak kesulitan, lain ceritanya dengan Igor Saykoji. Rapper berusia 36 tahun ini terlihat begitu cekatan kala diminta menanam bibit pohon temon, persis di pinggiran jalan setapak menuju Candi Bubrah. Mulai dari cara mengubur bibit dengan tanah, mencangkul hingga menyiram air, semuanya bisa dilakukan dengan mudah oleh Igor.

"Menanam bibit pohon ini adalah bagian awareness ke masyarakat supaya peduli pada lingkungan sekitarnya," pungkas Igor.

REKOMENDASI
TRENDING