Di IDEAFEST X The NextDev 2018, Christian Sugiono Siap Curhat Soal Startup

Kamis, 25 Oktober 2018 07:32 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Di IDEAFEST X The NextDev 2018, Christian Sugiono Siap Curhat Soal Startup (c) kapanlagi

Kapanlagi.com - Nama Christian Sugiono tak hanya tenar di ranah hiburan saja. Suami dari artis cantik Titi Kamal itu ternyata juga amat lihai untuk menjalankan bisnis di bidang teknologi digital. Buktinya, siapa yang dapat menampikkan populernya situs MalesBanget.com? Kemudian juga, siapa yang tak terbantu oleh kehadiran platform online dating terkemuka di Indonesia, Setipe.com?

Kira-kira apa saja yang dilakukan Christian Sugiono untuk merintis bisnis startup-nya? Simak dulu perjalanan kariernya!

Punya Passion di Bidang Teknologi

View this post on Instagram

A post shared by Christian Sugiono (@csugiono) on Oct 9, 2018 at 2:23am PDT

Christian Sugiono lebih dikenal masyarakat berkat perannya di beberapa film seperti JOMBLO atau CATATAN AKHIR SEKOLAH, hingga menjadi bintang iklan. Namun tidak banyak yang tahu jika pria yang akrab disapa Tian ini juga merupakan digital technology entrepreneur. Kecintaannya pada dunia digital dimulai sejak remaja yang membawanya mengecap pendidikan di Technische Universitat Hamburg, Jerman.

Namun, belum sampai menyelesaikan kuliahnya, Tian memilih pulang ke Indonesia demi membangun karier di dunia hiburan dan digital. Keputusan nekatnya yang didukung kepekaan melihat progres digital marketing tanah air yang berkembang pesat dan kemampuan di bisang teknologi informasi ternyata berbuah manis.

Mendirikan MalesBanget.com

View this post on Instagram

A post shared by Christian Sugiono (@csugiono) on Sep 4, 2018 at 4:28am PDT

Berawal dari obrolan dengan teman-temannya, pria blasteran Jawa-Jerman ini berniat mempublikasikannya dalam bentuk startup di bidang media. Sempat dirintis tahun 2002 tapi ditinggalkan karena kesibukannya, Tian kembali menghidupkannya di tahun 2011.

Namun, keputusan tersebut diambil bukan berarti tanpa halangan, lho. Menggandeng 2 temannya, Aji dan Aryo Sayogha, perjalanan startup ini sempat bermasalah akibat pembagian kerja yang kurang terorganisir. Namun, seiring berjalannya waktu, MBDC mulai mengalami perbaikan, tertata, dan menghasilkan konten-konten yang sukses menarik user.

Terus Berinovasi

Tanpa menggunakan nama besarnya sebagai aktor ngetop di tanah air, Tian sukses sebagai pendiri MBDC. Tapi ayah dua orang anak ini tak henti berinovasi. Ia pun mendirikan biro jodoh berbasis online, setipe.com. Selain itu, akhir-akhir ini, Tian baru saja memperkenalkan rental marketplace terbaru yang diberi nama Cumi.id bersama 3 rekannya, yazid Faizin, Pandu Wirawan Arief, dan Fariz Tadjoedin.

Kesuksesan Christian Sugiono membangun startupsukses bisa jadi sumber inspirasi buat kamu yang punya passion di bidang teknologi. Kesempatan emas untuk mencuri ilmu dari Tian terbuka lebar karena dalam waktu dekat akan segera terselenggara IDEAFEST X The NextDev 2018.

Bukan hanya Christian Sugiono saja, masih ada ratusan speaker top lain yang akan turut berpartisipasi. Selain itu, bakal ada juga kejutan dari The NextDev 2018 berupa Telkomsel Experience Zone yang bakal menjawab rasa ingin tahu tentang lifestyle dan bisnis.

Makanya, jangan ketinggalan menghadiri festival kreatif yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 26-27 Oktober 2018 mendatang! Info lebih lanjut, klik www.ideafest.id

(kpl/zki)


REKOMENDASI
TRENDING