Donna Agnesia Cerita Pengalaman Seru Saat Ajak Anak-Anak Hiking

Rabu, 27 Juni 2018 09:15 Penulis: Editor KapanLagi.com
Donna Agnesia Cerita Pengalaman Seru Saat Ajak Anak-Anak Hiking Donna Agnesia / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Orangtua ngajakin anak ke pantai? Sudah biasa. Tapi kalau orangtua ngajakin anak hiking dan camping di gunung? Mungkin tak banyak yang berani melakukannya. Hal itulah yang baru saja dilakukan oleh Donna Agnesia dan juga Darius Sinathrya.

Belum lama ini, keduanya sempat mengajak para buah hati untuk hiking ke Gunung Papandayan. Donna menjelaskan alasan kenapa dirinya berani mengajak para buah hati yang masih kecil untuk sesekali menjalani liburan ke alam, keluar dari zona nyaman.

"Yang pasti kita kasih pengertian. Anak pasti harus dijelasin kenapa kita ngajak liburan ke sini, kenapa main nggak ke mall terus, supaya tahu bahwa alam menyenangkan dan punya pengalaman berbeda, daripada ketika mereka bermain di gedung, daerah perkotaan saja. Mereka akhirnya terbiasa dengan sendirinya. Bukan langsung nyeburin gitu aja, tetap harus dijelasin sih. Dulu yang cewek diajak kemping cemberut, tapi kalau cowok udah biasa. Yang cewek ada adaptasi dulu, sekarang mau. Ya rutenya dicari ramah untuk anak," ujar Donna ketika ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (26/6).

Donna biasakan anak untuk hiking / Credit: KapanLagi - Budy SantosoDonna biasakan anak untuk hiking / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Tentu saja Donna dan Darius tak asal-asalan mengajak mereka begitu saja. Persiapan dilakukan secara matang. Dan uniknya, ketika hiking dimulai, tak ada keluhan sama sekali dari anak-anak, meski track yang dilalui sebenarnya cukup berat.

"Intinya kalau overprotective segala yang berlebihan pasti nggak bagus. Tapi ke mana pun kita ajak anak, mau kemping, main di luar atau alam pasti dipersiapkan lah segala sesuatunya, baik kesehatannya, obat-obatannya begitu. Puji Tuhan sampai sekarang aman-aman aja, gitu. Pas kita tracking ke Papandayan itu memakan waktu 2 jam setengah dan itu jalan kaki, jalannya nanjak gitu kan mereka malah jalannya lebih cepat daripada aku, akunya malah ngos-ngosan. Kita juga cepat sampai di atas di camp site nya, tur guidenya malah sampai bilang 'Kita nggak pernah lho lunch di camp site, biasanya lebih lama sampainya'," sambungnya.

"Ternyata anak-anak cepat jalannya, padahal kita bilang nggak usah cepat-cepat, santai aja. Terus kita bermalam di camp site, malam-malam itu pas langitnya bersih banget, aku juga sempat lihat bintang jatuh. Lihat bintang-bintang yang banyak itu biasanya kan di planetarium, ini lihat langsung gitu. Ini pengalaman yang sangat luar biasa buat kita," kenang Donna lebih jauh.

(kpl/far/gtr)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING