SELEBRITI

Dukung Kebaya Goes to UNESCO, Novita Imelda Imbau Pakai Batik di Berbagai Kesempatan

Sabtu, 15 Oktober 2022 20:03 Penulis: Helmi Romadhon

Novita Imelda @ Istimewa

Kapanlagi.com - Yayasan Sekar Ayu Jiwanta menyelenggarakan acara silaturahmi dalam rangka Peringatan hari batik dan mendukung 'Kebaya goes to UNESCO'. Acara dihadiri para para pecinta kebaya pada Jumat 14 Oktober 2022 kemarin di hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Turut hadir Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Putri Kus Wisnuwardhani, ketua umum IIPG Yanti Airlangga, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Tuti Nusandari Roosdiono dan puluhan komunitas pegiat kebaya. Acara ini digelar untuk memperingati hari batik yang telah disahkan pada 2 Oktober kemarin dan juga silaturahmi.

"Dari silaturahmi ini kita juga jadi banyak tau bahwa produk produk budaya kita kebaya, batik jenis jenisnya kan banyak dari masing-masing daerah yang mempunyai filosofi tersendiri. Baik itu nilai sejarah maupun nilai moral. Di mana bisa dikemas dalam sebuah kebaya dan juga batik," ungkap Novita Imelda yang tampil anggun dengan batik berwarna hitam.

1. Imbau Pakai Batik

Novita mengaku ingin terus menyebarluaskan agar makin banyak wanita yang memakai kebaya di banyak kesempatan. Meski termasuk baru dalam menggunakan batik, namun Novita sudah dibuat jatuh cinta pada kain khas Indonesia ini.

"Karena kebaya itu anggun banget. Mencerminkan seorang wanita yang sangat anggun dan kebaya memiliki nilai filosofi yang saya jelaskan tadi. Corak dan model rancangannya di pola rancangannya itu gak polos aja, ada juga yang memiliki gambar-gambar yang ada nilai filosofinya," lanjut Novita. 

2. Acara Awards

Selain silaturahmi dan memperdalam ilmu tentang batik, acara malam itu juga dimeriahkan dengan fashion show dengan tema 'Jejak kebaya dan Kain Batik Nusantara'. Fashion show mengusung 3 jenis kebaya yaitu, Kebaya Kutubaru, Kebaya Kerancang, dan Kebaya kartini. Seluruh peserta undangan turut andil sebagai peserta fashion show.

Selain itu, acara ini juga sebagai launching website sekarayujiwata.com. Pembina Yayasan Sekar Ayu Jiwanta, Emi Wiranto menjelaskan bahwa website tersebut merupakan pusat informasi tentang kegiatan filantropi dan patronasi dalam cakupan budaya nusantara Indonesia yang telah bergulir.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING