SELEBRITI

Gantikan 2 Rekannya, Mulan Jameela Jadi Anggota DPR

Sabtu, 21 September 2019 17:50 Penulis: Rahmi Safitri

Mulan Jameela © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Sudah banyak yang tahu kalau Mulan Jameela mencalonkan diri sebagai wakil rakyat pada Pemilu yang digelar serentak pada April lalu. Meski sempat ada masalah, istri dari Ahmad Dhani ini tampaknya sebentar lagi akan menjalani mimpinya sebagai anggota DPR RI.

Dilansir dari Merdeka.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan Surat Keputusan dengan nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada 16 September 2019 lalu tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019. Di dalam surat tersebut dijelaskan kalau Mulan menggantikan dua koleganya, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozie, untuk maju ke Senayan periode 2019 - 2024.

Keputusan itu dikeluarkan KPU setelah menerima tiga orang surat dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Salah satunya adalah Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Nomor 004B/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 tentang Pemberhentian Keanggotaan Sebagai Langkah Administrasi Pelaksanaan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/ 2019/PN.Jkt.Sel tanggal 26 Agustus 2019 yang berisi bahwa Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia daerah pemilihan Jawa Barat XI atas nama Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi, SH dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

1. Dibenarkan Pihak Gerindra

Wasekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade, membenarkan kalau Mulan masuk menjadi anggota DPR periode 2019 - 2024. Ini semua dilakukan partai tersebut berdasarkan putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Memang Gerindra telah mendapat surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan putusan itu in kracht. Tentu kita melaksanakan perintah pengadilan itu dengan berkoordinasi dengan KPU dan KPU sudah memberikan surat ketetapan itu," kata Andre saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (21/9/2019).

2. Atas Keputusan Pengadilan

Perihal dicoretnya nama Ervin dan Fahrul yang secara perolehan suara lebih banyak dari Mulan, Andre kembali menegaskan partainya hanya menjalankan apa yang menjadi keputusan pengadilan.

"Intinya kita melaksanakan perintah pengadilan yang sudah in kracht dan sudah memenuhi persyaratan administrasi. Dan KPU sudah mengeluarkan surat ketetapan," tegas Andre.

3. Mulan Sempat Lakukan Gugatan

Mulan dan sejumlah calon anggota legislatif lainnya memang melakukan gugatan perdata terhadap Partai Gerindra. Gugatan itu dilakukan Mulan dkk agar segera ditetapkan sebagai anggota DPR dari partai tersebut.

Gugatan Mulan dkk dikabulkan oleh PN Jakarta Selatan pada Senin, 26 Agustus 2019 lalu dan berhak mewakili daerah pemilihannya menuju DPR. Sampai sekarang masih belum ada pernyataan dari pihak Mulan terkait hal ini.


REKOMENDASI
TRENDING