Gesang, Sang Maestro Keroncong Itu Telah Pergi

Kamis, 20 Mei 2010 18:55 Penulis: Noviana Indah TW
Gesang, Sang Maestro Keroncong Itu Telah Pergi Gesang
Kapanlagi.com - Belum habis rasa duka cita atas kepergian paranormal kawakan Mama Lauren, kabar duka kembali datang dari dunia musik tanah air. Komponis kawakan pencipta lagu Bengawan Solo, Gesang, menutup mata untuk selama-lamanya Kamis (20/05) petang, usai Maghrib.

Sebelum tutup usia pada umur 93 tahun, Gesang sempat dirawat di ruang Firdaus Rumah Sakit PKU MUhammadiyah Solo sejak 12 Mei lalu. Karena kondisinya yang terus memburuk, sejak Minggu (16/05) Gesang dipindah ke ruang ICU.

Pada hari Selasa (18/5) malam lalu, pencipta lagu Bengawan Solo tersebut sempat dikabarkan tutup usia, dikarenakan kesimpangsiuran kondisi beliau. Namun media televisi dan online yang mengabarkan tentang meninggalnya musisi asal Solo tersebut kemudian mengklarifikasinya.

Januari lalu, Gesang menjalani operasi prostat di rumah sakit yang sama. Semenjak operasi prostat tersebut, kondisi kesehatan Gesang yang sempat membaik akhirnya terus menurun. Tekanan darahnya turun dan jantung dan ginjalnya mengalami gangguan karena faktor usia.

Setelah diklarifikasi oleh KapanLagi.comô yang menghubungi Andy Hutadjulu by phone, humas PT Penerbit Karya Musik Pertiwi, pemegang hak siar karya Gesang, mengatakan jika keluarga Gesang sedang berduka. Pihaknya sendiri akan segera berangkat ke Solo pada hari ini juga untuk melayat.

Pada akhir hayatnya Gesang masih saja menghadapi kasus yang tak mengenakkan, yakni tentang diklaimnya kepemilikan lagu Bengawan Solo oleh seorang warga negara Belanda. Kasus tersebut masih bergulir dan tentunya akan makin memanas pasca meninggalnya Sang Maestro.

Selamat jalan Gesang, semoga Tuhan memberikan tempat terbaik bagimu di sisi-Nya. Karyamu akan selalu abadi di bumi pertiwi dan menjadi suri tauladan bagi kami generasi penerus bangsa.†††† 

(kpl/uji/npy)


REKOMENDASI
TRENDING