SELEBRITI

Hari Ini Berulang Tahun ke-37, Berikut Deretan Diskografi Avril Lavigne dari Masa ke Masa

Senin, 27 September 2021 18:02 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Instagram/avrillavigne

Kapanlagi.com - Bicara tentang penyanyi wanita yang memiliki suara khas, nama Avril Lavigne nggak boleh dilewatkan dari daftar. Solois asal Kanada tersebut menjadi idola nggak cuma dari karya musiknya saja namun juga dari fashion serta jiwa sosial yang dimilikinya.

Hari ini tepatnya pada 27 September 2021, Avril Lavigne berulang tahun yang ke-37. It's been a while sejak dirinya debut di dunia musik pada usia 15 tahun. Untuk memeriahkan ulang tahun Avril, yuk intip deretan diskografinya dari masa ke masa.

1. LET GO (2002)

Debut album Avril Lavigne yang bertajuk LET GO dirilis pada 4 Juni 2002. Berisi 6 lagu, album ini meraih banyak prestasi, termasuk sertifikasi platinum dari Kanada atas penjualannya yang tersebar di penjuru dunia.

Influence musik emo dan pop punk sangat kental terasa di album ini. Beberapa single favorit seperti COMPLICATED, SK8ER BOI, hingga I'M WITH YOU pun sukses mengudara di stasiun radio seluruh dunia.

2. UNDER MY SKIN (2004)

Sukses dengan album debut, Avril Lavigne merilis suksesornya bernama UNDER MY SKIN. Dirilis 2 tahun setelah kesuksesan debutnya, UNDER MY SKIN adalah album pertama Avril Lavigne yang berhasil memuncaki chart Billboard 200.

Nggak salah sih jika album ini memuncaki tangga lagu Billboard. Siapa sih yang nggak ikut bernyanyi ketika lagu MY HAPPY ENDING diputar di radio dan MTV kala itu?

3. THE BEST DAMN THING (2007)

Popularitas Avril Lavigne makin memuncak seiring dengan lahirnya album ketiga yang dirilis pada 11 April 2007. Bertajuk THE BEST DAMN THING, Avril menjelma menjadi penyanyi penuh muatan emosi lewat lagu-lagunya yang relevan bagi para pendengar.

Secara musikalitas pun album ini menjadi lebih matang termasuk penambahan elemen post-grunge di beberapa titik. Bicara soal trek andalan, sudah pasti GIRLFRIEND dan WHEN YOU'RE GONE adalah yang paling populer. Bahkan, GIRLFRIEND menjadi single pertama Avril yang berhasil memuncaki chart Billboard Hot 100 di tahun 2007.

4. GOODBYE LULLABY (2011)

Sudah masuk studio untuk penggarapan album keempat sejak tahun 2008, nyatanya momen naik turun membuat perilisan album ini sempat ditunda. Namun pada akhirnya album keempat Avril Lavigne bertajuk GOODBYE LULLABY resmi dirilis pada 2 Maret 2011.

Meski diterpa beberapa spekulasi tentang kehidupan pribadinya, Avril masih menasbihkan diri sebagai penyanyi wanita terfavorit seantero dunia. Lihat saja betapa magisnya single WISH YOU WERE HERE yang menjadi anthem galau bagi remaja kala itu.

5. Self Titled (2013)

Album kelima Avril yang dilepas pada 2013 mengambil namanya sendiri sebagai judul alias self titled. Setelah berganti label, musik yang dibawakan Avril di album ini menjadi lebih dewasa meskipun tetap kental dengan aura Avril Lavigne yang sebelumnya.

Menariknya, album beraliran pop rock ini juga turut menampilkan sang suami sekaligus vokalis Nickelback yaitu Chad Kroeger sebagai kolaborator. Mereka berkolaborasi dalam single bertajuk LET ME GO.

6. HEAD ABOVE WATER (2019)

Setelah hiatus selama 6 tahun sejak album terakhirnya dirilis, Avril Lavigne akhirnya comeback pada 2019 lalu dengan melepas album keenamnya bertajuk HEAD ABOVE WATER. Meski sisi pop punk dari Avril terkikis di album ini, dirinya tetap menunjukkan kualitas luar biasa dari sisi musikalitas.

Mengajak beberapa produser ternama seperti Bonnie McKee hingga pentolan We the Kings Travis Clark, musik yang dibawakan Avril di lagu ini patut mendapat perhatian lebih. Dirinya juga berkolaborasi dengan Nicki Minaj dalam single bertajuk I FELL IN LOVE WITH THE DEVIL.

20 tahun lebih berkarir di belantika musik dunia, sudah selayaknya Avril Lavigne masuk jajaran legenda musik dunia atas karya-karyanya yang luar biasa. Mana yang jadi favoritmu?

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING