Hindari Ditahan, Ada Indikasi Pembelokkan Kasus Saipul Jamiell

Rabu, 23 Maret 2016 13:15 Penulis: Ahmat Effendi
Hindari Ditahan, Ada Indikasi Pembelokkan Kasus Saipul Jamiell Saipul Jamiell ©KapanLagi.com/Budy Santoso
Kapanlagi.com - Masih ingat dengan blunder kuasa hukum Saipul Jamiell yang membantah kliennya telah mengakui perbuatan pencabulan ke polisi, dan lantas menyatakan remaja berinisial DS bukan korban? Dari gelagat pihak Saipul Jamiell, pengacara salah satu korban yaitu MD menyebut ada percobaan untuk membelokkan kasus. Begitu juga ketika Saipul Jamiell membantah mengenal MD yang melaporkan pria tersebut.

"Sebenarnya dari awal ada indikasi untuk membelokkan kasus itu. Teman-teman mungkin ingat begitu hari kedua ada tes di BNN, teman-teman mungkin bisa (menduga) arahnya ke mana. Arahnya itu pasti supaya SJ direhabilitasi," ucap Agus Rudijanto, kuasa hukum MD ditemui di kantor MUI Pusat, Jakarta Pusat, Selasa (22/3).

MD sendiri sebelumnya disebut mengenal Saipul Jamiell dari media sosial, dan mereka akhirnya bertemu dan terjadi tindak pencabulan sebanyak 4 kali. Pihak MD melaporkan kasus ini dengan dasar Pasal 290 ayat 1 jo 281 ayat 2 terkait Kejahatan Terhadap Kesusilaan.

Pembelaan yang dilakukan pengacara Saipul Jamiell dianggap sebagai percobaan membelokkan kasus. ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoPembelaan yang dilakukan pengacara Saipul Jamiell dianggap sebagai percobaan membelokkan kasus. ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Di hari berikutnya SJ mengaku kalau DS bukan korban. Terus SJ mengaku tidak kenal korban. Paham kan arahnya. Dari awal ada indikasi bahwa mengarahkan SJ bukan pelaku. Ada upaya menghindari tanggung jawab sebagai pelaku tindak pidana, supaya tidak dihukum kurungan tapi lebih ke kurungan yang meringankan," jelasnya.

Meski Saipul Jamiell mencoba menghindari tanggung jawab dan tak ingin disebut melakukan pencabulan, namun pihak MD memiliki bukti-bukti tersendiri. Dalam kesempatan tersebut, pengacara itu menunjukkan foto yang memperlihatkan Saipul Jamiell dengan kliennya.

"Oke mereka boleh menyangkal tetapi Polisi kan sudah melakukan penahanan. Kalau dia tak kenal tidak mungkin dia foto sampai seperti ini," ucapnya.

(kpl/pur/sjw)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING