Hobi Unik Raline Shah Untuk Tingkatkan Rasa Syukur dan Disiplin

Selasa, 22 Mei 2018 08:04 Penulis: Rezka Aulia
Hobi Unik Raline Shah Untuk Tingkatkan Rasa Syukur dan Disiplin Raline Shah. © KapanLagi.com/Nuzulur Rakhma

Kapanlagi.com - Model dan aktris cantik Raline Shah ternyata memiliki hobi unik. Kegemarannya satu ini tak banyak orang tahu. Siapa sangka wanita catik asal Medan ini gemar menulis buku harian.

Bukan sembarang diary yang ditulis Raline Shah. Ternyata ia memiliki metode penulisan diary yang unik. Ia memiliki challenge tertentu dalam penulisan diarynya.

"Sebenarnya dari dulu saya suka nulis di diary, tapi diary kosong. Tapi tahun lalu, teman-teman aku di Amerika itu mereka punya yang namanya '5 Minutes Journal', yaitu tiap hari ada quote-nya di atas, setiap minggu ada challenge-nya, kayak tantangan yang harus kita lakukan," tutur Raline Shah saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (21/5).

Raline menyisihkan lima menit waktunya untuk menulis hal-hal yang ia hadapi di harinya. Meski terkesan sederhana, menuliskan jurnal singkat itu bisa menjadi wadah refleksi kondisinya hari itu.

Hobi menulis diary sebagai ajang berlatih disiplin dan rasa syukur. © KapanLagi.com/Nuzulur RakhmaHobi menulis diary sebagai ajang berlatih disiplin dan rasa syukur. © KapanLagi.com/Nuzulur Rakhma

"Paginya, kita harus menuliskan 3 hal yang kita syukuri, 3 hal yang ingin kita lakukan hari itu. Malamnya, apa yang bisa kita perbaiki dari hari itu sendiri dan apa yang membuat hari itu amazing atau spesial. Jadi setiap hari dengan menulis itu. Memang cuma 5 menit, tapi menurut aku itu setelah sebulan, dua bulan, setelah kita melihat balik, kita ternyata bisa bersyukur dengan banyak sekali hal. Dan kita bisa memperbaiki diri itu setiap harinya biarpun sedikit tapi akumulatif, jadi biarpun statis enggak apa-apa, asal jangan lebih parah saja. Jadi be a better me everyday," papar Raline lebih lanjut.

Raline mengaku telah menjalankan kebiasan menulis jurnal ini selama enam bulan. Selama itu pula ia merasakan manfaat untuk dirinya sendiri.

"Syukur alhamdulillah aku bisa ngelihat kalau kita itu menulis atau mengingat apa yang kita lakukan, baiknya setiap hari Insya Allah kita akan memperbaiki itu dengan sendirinya. Mulai dari disiplin atau kita kurang banyak menghabiskan waktu dengan orang tua atau membantu teman kita. Misal hari ini aku sebenarnya bisa bantu si itu naik gojek atau aku bisa minjemin supir, tapi kenapa enggak ya, itu kan penyesalan hari ini, besok kita jangan kayak gitu lagi," terang Raline Shah.

Ditengah kesibukannya yang super padat, Raline mengaku terkadang ia menulis jurnalnya itu melalui gadget. Meskipun tak menulis langsung dengan pena di atas kertas, namun ia berusaha disiplin dalam menuliskan rasa syukur dan refleksi dirinya.

"Aku kalau misalnya nggak nulis di diary aku nulis di hp, Insha Allah aku ngisi sebagai bentuk disiplin juga sih. Aku rasa ritual itu (menulis jurnal) harus dikerjakan setiap hari seperti dengan kita sholat, sholat itu kan harus kita lakukan setiap hari. Itu suatu ritual yang untuk memperbaiki diri kita ke arah spiritual, sehat jasmani dan rohani," pungkas Raline Shah.

(kpl/rhm/rna)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING