SELEBRITI

IKSI Mencuri Perhatian di Festival Teater Petang Kreatif 2019

Minggu, 19 Mei 2019 08:00 Penulis: Sanjaya Ferryanto

© Kapanlagi/Akbar Prabowo Triyuwono

Kapanlagi.com - Sebuah festival teater baru saja digelar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Depok pada Sabtu (18/5). Festival teater yang selalu ditunggu-tunggu itu bernama Petang Kreatif!

Setelah hampir 3 tahun vakum, Petang Kreatif atau lebih akrab dipanggil PK akhirnya kembali digelar. Acara ini sejatinya menjadi ajang berkumpul antarmahasiswa aktif maupun alumni. Wajar saja jika acara ini selalu dinantikan kehadirannya.

Pemandangan Sabtu (18/5) sore di FIB UI terasa berbeda dengan keramaian orang-orang sibuk. Panitia sibuk mengerjakan pekerjaannya, peserta sibuk menyiapkan mental serta kebutuhan penampilan, dan alumni yang mulai sibuk berdatangan.

 

1. Hadirkan Alumni

Spesialnya, "comeback" Petang Kreatif ini menghadirkan bintang tamu dari alumninya sendiri yang juga merupakan musisi spesialis musikalisasi puisi. Yap, ia adalah Reda Gaudiamo yang tampil memukau dengan guitalele miliknya.

Keseruan acara yang telah ada sejak 1983 ini berlangsung dari pukul tiga sore hingga tengah malam. Bukannya sepi, semakin malam rasanya semakin ramai. Terlebih, ketika Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI) mengambil alih panggung.

Penampilan IKSI dengan ciri khas genre komedinya memang menjadi daya tarik tersendiri. Dalam setiap pertunjukkannya di Petang Kreatif, IKSI hampir selalu sukses menghadirkan tawa.

2. Tema Religi

Bukan hanya tawa kosong tanpa arti, IKSI menyajikan komedi yang dekat, mudah dicerna, sedikit sarkas namun tetap berisi. Kostum yang unik, properti imajiner, dan "make-up" warna-warninya melengkapi satu paket pertunjukan.

Oleh karena Petang Kreatif 2019 diadakan di bulan suci Ramadan, tahun ini IKSI kembali dengan tema religi, tanpa menyinggung ataupun menggurui. Pertunjukkan mereka pun berjudul "InsyaAllah Keluarga Syar'i".

Pertunjukkan teater yang berdurasi 35 menit tersebut menyajikan tawa hampir sepanjang waktunya. Tampil sekitar pukul 19.30 WIB, IKSI sukses mencuri perhatian sejak menit pertama.

(kpl/apt/frs)


REKOMENDASI
TRENDING