SELEBRITI

Ini Dia Sederet Tips Parenting Ala Mona Ratuliu, Tanamkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Selasa, 28 September 2021 10:30

Keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco (credit: instagram.com/monaratuliu)

Kapanlagi.com - Rumah tangga Mona Ratuliu dan Indra Brasco yang harmonis selama 19 tahun ini banyak dijadikan sebagai inspirasi. Salah satunya adalah soal gaya pengasuhan Mona dan Indra terhadap keempat anaknya.

Sebagai orang tua, ternyata Mona Ratuliu punya beberapa tips parenting yang selama ini ia lakukan. Misalnya saja, Mona berusaha mengajarkan anak-anaknya untuk bisa menjadi pribadi yang berani dan selalu percaya diri.

"Selain dari prestasi, sebagai orang tua saya percaya bahwa yang terpenting dalam masa pertumbuhan anak adalah menanamkan karakter, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh," ujarnya seperti dilansir dari Brilio.net.

"Penanaman karakter ini akan mendukung keberhasilan anak-anak karena kedepannya mereka dapat menggali kekuatan dari dalam untuk mengembangkan potensi diri masing-masing," imbuh perempuan berusia 39 tahun itu.

1. Tak Masalah Buat Kesalahan

Demi bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anaknya, Mona Ratuliu memberikan izin buah hatinya berbuat kesalahan. Dari sana ia kemudian berusaha membantu sang anak untuk bisa memperbaiki kesalahan dan melakukan sesuatu dengan benar.

"Justru ketika kita mengizinkan mereka melakukan kesalahan-kesalahan, inner strength atau kekuatan dari dalamnya lama-kelamaan muncul karena dia percaya nantinya akan bisa sendiri dan melakukan sesuatu dengan benar," terangnya.

Bagi Mona Ratuliu, ketika seorang anak berbuat kesalahan itu adalah bagian dari proses belajar. Namun seiring berjalannya waktu, dengan terus belajar makan anak-anak dapat melakukan hal yang benar dan kepercayaan dirinya meningkat.

"Percaya diri itu kan belajarnya tidak hanya berani tampil di depan orang, tapi juga percaya kalau dirinya punya potensi. Kalau sekarang anak masih dalam proses belajar, ya, makanya mungkin belum bisa atau belum paham, tapi kalau belajar terus lama-kelamaan jadi bisa," pungkas ibu 4 anak itu.

2. Terlibat dalam Keseharian

Selain menumbuhkan rasa percaya diri, Mona Ratuliu juga berusaha untuk selalu terlibat dalam keseharian anak-anaknya. Mulai dari menemani bermain, belajar atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya bareng anak.

Beberapa waktu lalu Mona Ratuliu sempat menunjukkan momen ketika putri sulungnya, Mima melakukan presentasi di depan dirinya dan Indra Brasco. Hal tersebut dilakukan Mima karena ia ingin Mona dan Indra memberikannya gadget baru sebagai penunjang aktivitas sekolahnya.

Lewat hal-hal sederhana seperti itulah Mona Ratuliu mengajarkan anak-anaknya menjadi pribadi yang percaya diri dan bertanggung jawab.


REKOMENDASI
TRENDING