SELEBRITI

Ira Wibowo Turut Prihatin Terhadap Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Senin, 24 Oktober 2022 21:04

Credit: Budy Santoso © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Aktris senior Ira Wibowo mengaku prihatin terkait obat paracetamol sirup untuk anak yang berdampak adanya risiko infeksi dan kasus gagal ginjal akut pada anak.

"Kita kan anak sakitnya cuman ringan, kita maksudnya baik kasih obat supaya mereka lebih baik dan lebih cepet sembuh gak taunya malah mendatangkan petaka obatnya," ucap Ira Wibowo di kawasan Mampang, belum lama ini.

"Itu gak habis pikir sih kalau orang itu bisa bermain-main dengan obat itu jahat banget itu kriminal. Saya kan gak tahu ini ada unsur kesengajaan atau ketidaktahuan apa gimana," Ira Wibowo menambahkan.

1. Beri Saran

Ira Wibowo juga memberikan sedikit saran untuk para orangtua yang saat ini bingung untuk memberikan obat saat sang buah hati sedang sakit.

"Ya mungkin sekarang untuk ibu-ibu di luar sana yang masih punya anak kecil pake yang anal karena kalau buat bayi itu sangat mudah pakenya dibandingkan tablet atau kapsul," kata Ira Wibowo.

Dilansir via aido.id, obat penurun panas melalui dubur bukanlah dalam bentuk tablet, pil, ataupun sirup. Dimana cara memberikan obat melalui dubur disebut juga sebagai supositoria. Supositoria ini biasanya memiliki bentuk menyerupai tabung, yang mana salah satu ujungnya mengerucut.

Ketika dimasukkan ke dalam dubur, maka suhu tubuh yang hangat akan menyebabkan obat menjadi mencair. Kemudian, obat tersebut akan diserap oleh aliran darah serta mulai bekerja dalam menurunkan panas tubuh.

2. Harapan Terhadap Pemerintah

Ira Wibowo berharap pemerintah cepat mengatasi masalah tersebut agar tak berkepanjangan dan para orangtua tak bingung jika buah hati mereka sedang sakit.

"Mudah mudahan bisa cepat teratasi dan ibu-ibu bisa kembali menggunakan obat sirup tanpa ada rasa khawatir untuk keselamatan anaknya," pungkasnya.

(kpl/aal/ums)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING