SELEBRITI

Jakmania Dikeroyok Hingga Tewas, Rian D'Masiv Berharap Suporter Jaga Persaudaraan

Selasa, 25 September 2018 16:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Rian D'Masiv © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Rian D'Masiv berbicara tentang insiden pengeroyokan Jakmania oleh Bobotoh hingga tewas. Dirinya sendiri berharap jika kejadian ini bisa lebih mengingatkan para suporter untuk menjaga persaudaraan.

"Mudah-mudahan dengan adanya kejadian ini bisa lebih ngingetin kita untuk lebih jaga persaudaraan. Harusnya sepakbola bukan memecah belah ya tapi menyatukan. Aku sih punya mimpi bener-bener Jakmania sama Bobotoh bener-bener satu stadion, bener-bener dukung klub gitu tanpa ada anarki," ucapnya ditemui di Studio Gaharu, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Dirinya pun mempunyai ide untuk menggabungkan semua musisi dari beberapa kota. Setelahnya, mereka bisa menyuarakan perdamaian melalui karya-karya mereka.

1. Semua Pihak Harus Ikut Menyuarakan

"Ya sebenernya semua pihak harus ikut menyuarakan, aku sebagai suporter tapi aku sebagai musisi juga jadi aksesku sama pemain bola lebih gampang, tapi semua harus ikut bersuara sih, aku musisi yang suka Persija. Atau dari Persib, Ariel misal, dia kan Bobotoh juga, atau Surabaya ada Joshua Suherman, terus Dul juga beberapa kali nyanyi di stadion juga, mungkin bisa menyuarakan itu bareng-bareng," tambahnya.

Karena tragedi tersebut, ada banyak pihak yang mengusulkan jika sepakbola di Indonesia sebaiknya dibubarkan saja. Lantas, apa pendapat Rian?

"Sebenernya sepakbola udah jadi culture ya, mendarah daging. Di gang-gang anak-anak kecil udah pada pake jersey, main bola, tinggal dipertegas aja kali ya sanksinya. Harapannya ya ini terakhir banget lah, jangan ada nyawa lagi melayang. Karena tidak ada kemenangan yang setara dengan nyawa. Kalau dibubarin jangan lah, karena itu kan industri juga, banyak pihak yang dirugikan pasti," tutupnya.

2. Pernah Membuat Lagu Untuk Persija

Haringga Sirila menjadi sosok yang diperbincangkan hangat. Dirinya adalah seorang Jakmania, pendukung Persija Jakarta yang harus meregang nyawa setelah dikeroyok oleh Bobotoh atau pendukung Persib Bandung.

Rian D’Masiv pun ikut berkomentar mengenai tragedi memilukan ini. Dirinya sendiri juga pernah membuat lagu untuk Persija yang membawa pesan perdamaian dan juga persaudaraan antar sesama suporter.

“Kan aku sempet bikin lagu buat Persija juga. Itu liriknya udah 'kami datang untuk mendukungmu' agar semangat berkobar di dadamu, kami kan selalu menjaga perdamaian dan persaudaraan' aku udah bikin lirik seperti itu sebenernya untuk Jakmania, jadi ya emang harus lebih galak lagi kayaknya kampanyenya,” ungkapnya ditemui di Studio Gaharu, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

 

3. Sering Naik Truk Bawa Bendera Persija

Dirinya sendiri mengaku memang dulunya sering menonton Persija bertanding di stadion. Dirinya datang sebagai suporter, bahkan sering pula membawa bendera Persija saat menuju ke stadion.

“Kalau suporter yang sering dateng ke stadion sering, tapi kalo anggotanya si belum. Tapi dengan aku sering pake jersey udah ketauan, tapi dari SD aku udah sering ke Lebak Bulus, naik-naik truk bawa bendera Persija udah sering,” tambahnya.

Haringga sendiri merupakan warga Bangunusa RT 13/RW 03, Kelurahan Cengkareng Timur, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat. Dirinya meninggal setelah dihantam benda tumpul berkali-kali.

(kpl/pur/frs)

Reporter: Mathias Purwanto.


REKOMENDASI
TRENDING