Jelang Siraman Kahiyang, Jokowi Panjat Tangga Pasang Sendiri Bleketepe

Selasa, 07 November 2017 10:05 Penulis: Ahmat Effendi
Jelang Siraman Kahiyang, Jokowi Panjat Tangga Pasang Sendiri Bleketepe Jokowi ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Rumah pribadi Presidn Indonesia, Joko Widodo sejak pagi sudah terlihat berbagai aktivitas. Hari ini, Selasa (7/11), Jokowi rencananya akan melaksanakan siraman anak keduanya, Kahiyang Ayu yang akan menikah dengan Bobby Nasution.

Para wartawan yang sudah sejak pagi tadi menunggu masih belum diperkenankan masuk ke area rumah mantan Walikota Solo itu. Namun tiba-tiba para penjaga memperbolehkan awak media masuk untuk melihat proses pemasangan bleketepe (anyaman daun kelapa hijau) di area rumah Jokowi.

Ayah tiga anak itu sendiri terlihat yang memasang langsung bleketepe. Mengenakan beskap berwarna merah dan kain coklat lengkap dengan blankon, Jokowi tak ragu naik tangga besi dan memasang padi, pisang, kelapa cengkir hingga berbagai daun di atas janur dan tuwuhan.

Proses pemasangan bleketepe di rumah Jokowi. ŠKapanLagi.com/Bayu HerdiantoProses pemasangan bleketepe di rumah Jokowi. ŠKapanLagi.com/Bayu Herdianto


Tidak sendiri, kedua putranya, yakni Gibran dan Kaesang menemani sang ayah. Sedang Kahiyang menunggu di dalam. Barulah setelah prosesi selesai, Jokowi masuk ke dalam rumah melanjutkan ke prosesi siraman terhadap putrinya.

Dari data yang dihimpun, untuk siraman putri semata wayang mantan gubernur DKI Jakarta itu dan keluarga mengambil air dari tujuh sumber mata air yang berbeda lokasi.

Tujuh sumber air itu berasal dari Keraton Surakarta, Masjid Agung Solo, Masjid Mangkunegaran, Masjid Laweyan, Rumah Pribadi di Sumber-Solo, Istana Negara dan Istana Bogor.

Nantinya, setelah selesai ritual siraman di rumah Jokowi, akan dilanjutkan dengan siraman dari pihak putra, Bobby Nasution di Hotel Alila, Jalan Adi Sucipto, Solo, dengan menggunakan air yang sama.

Usai itu, prosesi akan berlanjut ke acara midodareni pada malam hari. Acara ini akan digelar di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara.

(kpl/aal/sjw)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING