Jika Ortu Asli Vania Muncul, Bagaimana Respon Venna Melinda?

Rabu, 21 Juni 2017 07:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Jika Ortu Asli Vania Muncul, Bagaimana Respon Venna Melinda? Venna Melinda © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Selain Verrell Bramasta dan Athalla Naufal, kini Venna Melinda memiliki seorang buah hati lagi, yakni Vania yang merupakan anak angkatnya. Seperti diketahui, bayi yang kini berusia 9 bulan itu ditemukan seorang pegawai masjid dan akhirnya diadopsi oleh Venna.

Wanita yang kini juga bekerja sebagai anggota DPR itu sudah menganggap Vania seperti darah dagingnya sendiri. Dan jika suatu saat nanti ada orangtua yang mengaku sebagai ortu Vania, maka Venna bakal mengizinkannya untuk bertemu.

"Sesuai komitmen Bu Venna, kalau emang orangtua Vania mengunjungi dan menjenguk ya boleh. Kita tidak ada menutup-nutupi antara orangtau asli dan orangtua vania sekarang," ujar Novio Manurung, pengacara Venna saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Jakarta Selatan, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (19/6).

Venna ingin sahkan Vania jadi anaknya © KapanLagi.com®/Budy SantosoVenna ingin sahkan Vania jadi anaknya © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Seperti diketahui, menelantarkan anak merupakan sebuah tindikan kriminal. Namun Venna mengaku tidak akan mempermasalahkan kasus ini ke jalur hukum jika memang sang orangtua kandung Vania memutuskan untuk menunjukkan dirinya.

"Dari sisi hukum (menelantarkan anak) ada KUHP-nya, ada hukum pidana tentang penelantaran anak. Tapi dari sisi kemanusiaan, Ibu Venna sudah sangat komit tidak akan memutus tali silaturahmi anak dan ortu," sambungnya.

Venna sendiri tak mau setengah-setengah dalam memperjuangkan keabsahan Vania untuk jadi anaknya. Ya, Ia kini tengah mengurusi semua legalitas sang buah hati, entah itu akta kelahiran dan juga hal-hal lain yang bakal memastikan jika Vania telah jadi anak sah dari Venna.

"Di Indo harus sesuai hukum semua. Secara Islam saya memuliakan anak-anak seperti Vania. Tapi karena saya tinggal di Indo yang negara hukum, saya harus mengikuti aturannya, harus punya legalitas. Kalau saya nggak punya legalitas, misalnya saya mau Vania punya passport, buat sekolah juga gimana kalo nggak ada akte kelahiran. Saya mau asuransi pendidikan juga bingung. Ini semua kepentingan negara dan kepentingan Vania karena dia warga Indonesia. Jadi saya harus ikuti semua peraturannya,
karena Saya mau memenuhi janji saya di rumah sakit, dokternya bilang, 'Bu tolong Vania dijadiin dokter kalau emang Vania pinternya bisa jadi dokter'. Untuk bisa wujudin itu, saya harus prepare, semua harus saya atur, harus saya asuransiin. Jadi kalau saya masih di DPR ataupun nggak, anak ini udah ke-cover. Semua harus saya pikirin, surat-suratnya, legalitasnya, harus jelas," pungkas bintang sinetron Tersanjung 5 itu.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING