SELEBRITI

Kikan Eks Cokelat Buka Suara Soal Album Solo Perdana yang Tertunda

Kamis, 19 September 2019 07:48 Penulis: Gogor Subyakto

Kikan. © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Semenjak keluar dari Band Cokelat, Kikan Namara memiliki impian untuk meluncurkan album. Namun hingga saat ini belum juga terealisasi. Ia pun mengungkap alasan mengapa belum juga merampungkan album perdananya sebagai penyanyi solo.

"Album ini nggak selesai-selesai karena kesibukan yang nggak mungkin saya tinggalin. Artinya kadang saya berharap bisa mencicil pelan-pelan, tapi karena fokusnya terbagi seperti manggung, kebetulan anak-anak saya juga sudah beranjak remaja. Ternyata membagi waktu sangat sulit untuk saya pribadi, itulah penyebab terbesar kenapa sampai hari ini album saya belum selesai," kata Kikan di Jakarta, Selasa (17/9).

Ibu dua anak ini mengaku untuk materi lagu sejatinya sudah lengkap. Hanya saja, selain terhambat karena kesibukannya sebagai penyanyi dan juga sebagai ibu dari dua anaknya, ia juga mengalami kesulitan dalam proses kreatif.

"Ini akan jadi album perdana di mana saya tampil sebagai penyanyi solo. Jadi saya banyak banget maunya, karena mungkin saat ini adalah album yang semuanya bisa saya kerjakan sendiri, benar-benar apa yang saya inginkan dari lirik, aransemen, siapa musisi terlibat, itu saya pilih sendiri semua. Karena itu, akhirnya jadi terlalu banyak bermain-main dalam proses kreatif akhirnya banyak pertimbangan, dari satu lagu move ke lagu berikutnya perlu waktu yang cukup lama," ujarnya.

1. Pertimbangan

Pertimbangan mendasar yang menghambat dalam proses kreatif album perdananya, dikatakan Kikan adalah bagaimana dirinya bisa meluncurkan album tanpa masyarakat harus mengungkit kembali dirinya sebagai vokalis band Cokelat.

"Awal waktu mengerjakan album ini jujur saya punya beban itu, artinya bagaimana kalau orang selalu meng-compare atau membandingkan saya dengan yang dulu di Cokelat," ucapnya.

2. Tak Mau Terhambat

Pada akhirnya, ia yang sudah bersama dengan band Cokelat sejak 1996 dan berhenti pada 2010 lalu, pun memilih berdamai dengan kenyataan bahwa dirinya memang lekat dengan band yang telah membesarkan namanya di industri musik tanah air tersebut.

"Tapi, setelah beberapa bulan mengerjakan album ini, saya mencoba membuang jauh-jauh pikiran itu karena pertama itu hanya menghambat proses kreatif saya. Kalau saya terus-terusan berpikir dalam kerangka itu, saya jadi nggak ke mana-mana," ungkapnya.

3. Menerima

"Kedua, saya mencoba menerima bahwa saya memang lebih dari 10 tahun sama Cokelat, image saya sudah sangat menempel bahkan orang sampai hari ini memanggil saya Kikan Cokelat. Buat saya untuk apa mencoba lari dari fakta itu, untuk apa saya mencoba mati-matian berusaha tidak mau dibandingkan, karena pada akhirnya itu hanya akan bikin saya capek dan akhirnya justru saya nggak leluasa berkreativitas," imbuhnya.

Kikan pun berharap album solo perdananya akan resmi diluncurkan tahun ini. Ia sudah menyiapkan 10-12 lagu untuk albumnya. "Doain saja mudah-mudahan tahun ini bisa rilis," harapnya.


REKOMENDASI
TRENDING