SELEBRITI

Kisah Hidup Johny Indo, 'Robin Hood' yang Pernah Kabur dari Penjara dan Mualaf

Senin, 27 Januari 2020 12:55 Penulis: Guntur Merdekawan

Johny Indo © Istimewa

Kapanlagi.com - Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka atas kepergian salah satu aktor senior, Johny Indo pada Hari Minggu (26/1) kemarin. Beliau meninggal karena faktor usia dan riwayat penyakit hernia yang dideritanya sejak lama. Johny meninggal di usia 71 tahun.

Rencananya, pria yang dijuluki sebagai 'Robin Hood' Indonesia itu bakal dimakamkan hari ini, Senin (27/1) setelah Dzuhur. Prosesi pemakaman dilakukan sesuai adat Islam, mengingat Johny adalah seorang mualaf meski keluarga besarnya beragama Kristen.

Para milenial mungkin masih asing mendengar nama Johny Indo yang  tenar di era 70 hingga 80-an. Namun perlu diketahui jika beliau punya kisah hidup yang benar-benar sulit dipercaya, bahkan berkali-kali menghebohkan seluruh Indonesia. Kok bisa? Simak kisah lengkapnya berikut..

 

1. Berawal dari Model dan Bintang Iklan

Johny Indo lahir dengan nama Johanes Hubertus Eijkenboom di Garut, Jawa Barat, 6 November 1948. Awalnya Ia adalah seorang foto model dan juga bintang bintang iklan berbagai produk, seperti obat batuk hingga rokok.

Namun karena alasan yang tak diketahui, Johny tiba-tiba memilih untuk banting setir dalam karirnya. Dan believe it or not, Johny memilih untuk jadi seorang perampok. Iya, perampok beneran.

2. Jadi Perampok Toko Emas

Nama Johny baru jadi sorotan seantero Indonesia ketika Ia jadi seorang perampok. Tak sendirian, Johny menjalankan aksinya bersama kelompoknya yang bernama Pachinko. Targetnya adalah berbagai toko emas di Jakarta dan sekitarnya

Aksinya itu dilakukan di sekitar tahun 1970 an silam. Salah satu yang paling bikin heboh adalah aksinya merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat. Tak hanya sekali, Johny dan kawanannya saat itu mengulangi aksi yang sama sampai empat kali. Semua sasaran komplotan itu adalah toko emas.

3. Awal Mula Julukan Robin Hood

Apa yang dilakukan Johny memang menyalahi aturan dan hukum. Namun sosoknya malah dipuja-puja oleh masyarakat, terutama warga Jakarta dan sekitarnya. Kok bisa?

Well, Johny selalu membagikan hasil rampokannya pada orang-orang yang tak mampu di kawasan Jakarta Selatan, Utara, sampai Timur. Aksinya itu sama persis seperti kisah dari tokoh literatur yang populer dan melegenda, Robin Hood.

 

4. Diringkus Pihak Kepolisian

Robin Hood atau bukan, aksi Johny tetap dianggap menyalahi aturan hukum. Karenanya, pihak kepolisian pun meringkus Johny dan komplotannya di tahun 1979 silam. Kala itu, beliau divonis hukuman penjara selama 14 tahun, dengan detail 10 tahun atas kepemilikan senjata api dan 4 tahun karena perampokan.

Johny bersama komplotannya ditahan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

5. Kabur dari Penjara

Di kala menjalani masa hukuman, Johny lagi-lagi bikin heboh seantero Indonesia. Bagaimana tidak, beliau sukses kabur dari penjara. Padahal seperti diketahui, Lapas Nusakambangan terkenal akan reputasi penjagaannya yang amat ketat.

Bagaimana cara Johny kabur? Hingga saat ini masih jadi misteri. Namun yang pasti, cuma butuh waktu 12 hari saja bagi pihak kepolisian untuk meringkus sang buronan lagi. Beberapa rumor lain menyebut jika Johny sendiri yang memilih untuk menyerahkan diri.

6. Keluar Penjara Jadi Artis

Setelah bebas dari masa hukuman panjang, nasib Johny langsung berubah drastis. Ia direkrut untuk jadi seorang aktor dalam film yang menceritakan kisah hidupnya sendiri berjudul JOHNY INDO, KISAH NYATA SEORANG NARAPIDANA tahun 1987.

Tak cuma sampai situ saja, Johny juga mendapat berbagai tawaran syuting di judul film-film lain. Beberapa film-nya yang populer adalah Badai Jalanan (1989), Misteri Cinta (1989), Ajian Ratu Laut Kidul (1991) Misteri Ronggeng (1991), serta Daerah Jagoan (1991).

7. Johny Indo Masuk Islam

Di tahun 1990an, nama Johny mulai meredup. Ia memutuskan untuk hidup tenang bersama keluarga, jauh dari sorotan kamera. Sosoknya baru menjadi pemberitaan media massa lagi saat memutuskan untuk masuk Islam alias mualaf.

Untuk membuktikan keseriusannya pada Islam, Johny juga mengganti namanya jadi Umar Billah. Ia sempat naik haji di awal tahun 2000-an. Berbagai aktivitas religi dilakukannya kala itu, seperti berdakwah di sejumlah event.

8. Meninggal di Usia 71 Tahun

Di usia 71 tahun, Johny Indo menghembuskan napas terakhirnya. Beliau diketahui memiliki penyakit hernia sejak lama. Selain itu, faktor usia juga jadi alasan kepergian sang legenda.

Johny lantas menjalani prosesi pemakaman secara Islam, di mana jenazahnya disalati dan didoakan. Meskipun begitu, jenazah sang almarhum tetap dimasukkan di dalam peti, mengingat keluarga besar beliau memang seorang pemeluk agama Kristen. Istrinya bahkan berprofesi sebagai seorang pendeta.

Rest in peace, Robin Hood.

[crosslink 1]


REKOMENDASI
TRENDING