SELEBRITI

Kisah Inspiratif Perjalanan Karir dan Idealisme Anggun dalam Bermusik

Sabtu, 10 November 2018 11:22 Penulis: Guntur Merdekawan

Anggun wanita penuh Inspirasi di Indonesia / Credit: Fimela - Deki Prayoga

Kapanlagi.com - Tak bisa dipungkiri jika Anggun adalah satu dari sedikit wanita yang sukses mengharumkan nama Indonesia hingga ke kancah Internasional lewat karyanya. Pelantun Mimpi ini sekarang tinggal dan meniti karirnya di Prancis bersama suami dan anaknya. Bahkan Ia juga sudah punya banyak sekali fans dari seluruh penjuru Eropa.

Sebagai salah satu wanita yang sangat menginspirasi, Anggun belum lama ini diundang hadir ke event Indonesia Women's Forum bersama Najwa Shihab. Pada kesempatan itu, Anggun pun membagikan kisah inspiratifnya selama berkarir di dunia tarik suara.

"Bapak saya dulu adalah seorang seniman, penulis buku. Bapak sering cerita bahwa seniman yang udah merasa nyaman itu artinya salah satu tanda kematian seni. Sebenarnya kita itu nggak boleh cepat merasa puas, nyaman, karena kalau udah nyaman kita nggak bisa mempertanyakan diri sendiri tentang pekerjaan kita, dan itu yang buat saya pindah dari Indonesia. Karena pada saat itu saya udah nyaman sekali, konser selalu penuh, albumnya jalan," ujar Anggun ketika ditemui di Indonesia Women's Forum di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/11).

1. Sudah Dapat Segalanya di Indonesia

Sebelum memutuskan untuk pindah ke Prancis, Anggun sudah mendapatkan segalanya di Indonesia. Tak ingin puas dengan pencapaiannya yang sudah 'maksimal', ibu satu anak inipun memberanikan diri untuk melebarkan sayap ke Eropa, sebagai penyanyi yang masih belum dikenal siapa-siapa.

"Aku pikir pada saat itu mau ngapain lagi di Indonesia. Akhirnya harus memberi tantangan ke diri sendiri dan salah satu tantangannya merintis karir di luar negeri. Dan memang pada saat itu nggak ada dipikirin sama siapapun. Apalagi pada saat itu saya cuma terkenal di Indonesia saja, nggak ada siapa yang tahu saya di luar Indonesia. Kalau nggak mencoba ya nggak mungkin tahu kan hasilnya kayak gimana. Sebenarnya Alhamdulillah saya beruntung sekali sekarang, mencoba di Inggris nggak bisa dan kepingin di Belanda tapi sebelum itu malah mampir di Paris dan jodohnya di sana," sambungnya.

2. Selalu Ingin Buat Lirik Yang Meaningful

Dalam setiap karyanya, Anggun ingin memberikan pesan yang berarti atau menginspirasi untuk para pendengar. Ya, wanita berusia 44 tahun ini tak ingin sekedar mengikuti trend kekinian dengan menulis lirik yang tanpa makna.

"Akhirnya dapat kontrak di salah satu produksi rekaman. Dan mungkin salah satu yang membuat relevan karena saya nggak pernah pengen jadi penyanyi trendy. Setiap saya nulis lagu selalu kayak semacam disiplin, nggak pernah kepikiran bikin lagu yang kekinian atau yang kata-kata yang nggak ada isinya, selalu mau menginspirasi. Nulis lagunya kan aku pake Bahasa Inggris, tapi nggak pernah mau nulis 'Baby I love you', jadi ingin yang lebih meaningful, harus ada isinya, walaupun itu datengnya dari cerita pribadi yang mungkin datengnya bukan dari suatu tempat yang positif," jelasnya lagi.

3. Anak Sebagai Motivasi

Di balik kesuksesannya Anggun, ada peran penting dari sang buah hati, Kiara yang selalu jadi motivasi untuk terus berkarya tanpa menyerah. Meski sangat sibuk dengan jadwal nyanyi, namun Anggun juga tak pernah melupakan tugas utamanya sebagai seorang ibu.

"Dan buat saya motivasinya semenjak dari ibu ke anak. Karena saya traveling terus, anak jadi salah satu motivasi karena jadi contoh wanita pertama untuk anak saya, kan perempuan. Harus jadi role model. Dan budaya Indonesia yang dia tau dari saya. Walaupun saya tinggal dan sekolah di Perancis, tapi dia fasih sekali Bahasa Indonesianya. Jadi buat saya penting sekali mengenal akarnya dari mana. Dan dari dulu sebagai seorang ibu pingin anak aku bahagia, tapi buat saya bahagia itu nggak cukup. Saya pingin anak saya bahagia dan bisa menjadi sesuatu, beguna untuk masyarakat. Apapun yang dia akan menjadi, saya pasti bangga. Penting sekali bagi suatu perempuan untuk membuat sehari-harinya dengan kepala dan hati. Dulu mungkin orang tua bilang, 'Kamu cantik', tapi sekarang itu nggak penting, yang penting itu baik hati dan pinter," pungkas Anggun.


REKOMENDASI
TRENDING