SELEBRITI

Kronologi Kasus Andre Taulany, Bakal Berakhir Seperti Ahok?

Kamis, 09 Mei 2019 12:22 Penulis: Guntur Merdekawan

Andre Taulany © KapanLagi

Kapanlagi.com - Andre Taulany sedang terjerat dalam masalah yang cukup serius. Dampaknya pun tak main-main, di mana ayah 3 anak ini harus rela diistirahatkan dari program televisi karenanya.

Bicara mengenai kasus Andre, sebenarnya ada rentetan cukup panjang yang terjadi. Bahkan bisa dibilang terselip juga sedikit konsep 'time travel', di mana hal itu yang lantas menjadi puncak dari rantai permasalahan ini.

Beberapa dari kalian yang nggak ngikutin beritanya, pasti bingung, kenapa nama Andre dalam beberapa waktu terakhir ini ramai jadi perbincangan. Lalu kenapa Ia sampai 'hilang' dari program Ini Talkshow yang sudah lekat dengan imej duetnya bersama Sule.

Berikut adalah kronologi permasalah Andre, dimulai dari kasus sang istri, Erin Taulany..

1. Erin Hina Prabowo?

Seusai Pemilihan Umum 2019, hasil quick count bermunculan, di mana kebanyakan lembaga menunjukkan pasangan capres nomor urut 1, Jokowi dan Ma'ruf Amin unggul dari pesaingnya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Namun Prabowo enggan mempercayai hasil perhitungan quick count tersebut dan mengklaim jika dirinya menang jauh dari Jokowi. Ia bahkan sampai sujud syukur untuk merayakannya.

Tak lama setelahnya, Erin, istri Andre mengunggah sebuah postingan Instagram Story dengan kalimat yang memang cukup offensive terhadap Prabowo. Tentu saja postingannya itu dikritik habis-habisan, terutama oleh para pendukung capres Prabowo.

Erin dan Andre lantas mengaku jika akun Instagram tersebut sedang dihack oleh orang tak bertanggung jawab. Alasan itu tentu tak bisa diterima oleh publik yang sudah terlanjur dibuat emosi. Dan dari sinilah permasalahan semakin meruncing..

2. Klarifikasi Andre

Saat kasus sang istri tengah ramai jadi sorotan, Andre tak tinggal diam. Lewat channel Youtube-nya, mantan vokalis Stinky ini mengunggah sebuah video berjudul KLARIFIKASI.

Di awal video, Andre terlihat seakan-akan sedang meminta maaf atas kasus istrinya sambil menangis tersedu-sedu. Namun di tengah-tengah video, diketahui jika Andre ternyata klarifikasi untuk hal lain, yakni merayakan 1 juta subscribers.


Video by: Taulany TV

Alih-alih memperbaiki suasana, video berbau prank tersebut tentu semakin membuat publik berapi-api. Yang sudah terlanjur benci, jadi makin benci dengan Andre dan istrinya. Permasalahan pun semakin merembet ke mana-mana..

3. Sindir Ustaz?

Perhatian publik sudah semakin tertuju pada Andre, tiap gerak-geriknya selalu diawasi. Hingga akhirnya ditemukanlah sebuah kesalahan lain ketika pria berusia 44 tahun itu sedang membawakan program acara Ini Talkshow.

Kala itu sang bintang tamu, Andovi dan Jovial Da Lopez menceritakan tentang hobi koleksi sepatunya. Di tengah-tengah perbincangan, Andre lantas nyeplos kata-kata 'Adisomad' untuk mereferensikan salah satu merk sepatu. Yang jadi masalah, kata-kata tersebut agak bersinggungan dengan 2 nama ustaz kenamaan di Indonesia, Adi Hidayat dan Abdul Somad.

Well, dalam case ini Andre mengaku sama sekali tak ada maksud untuk menyindir nama atau tokoh tertentu. Namun lagi, publik sudah terlanjur marah dan tak suka dengannya, sehingga setiap kesalahan kecil yang dilakukannya pasti akan dibesar-besarkan.

Dan puncaknya..

4. Nabi Muhammad

Puncak dari permasalahan ini adalah munculnya video lain dari Andre, di mana Ia menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai bahan bercandaan. Aksi itu juga terjadi di program televisi Ini Talkshow, di mana kala itu Andre sebagai host sedang ngobrol dengan sang bintang tamu, Virzha mengenai parfum.

Nah jika diteliti lagi, episode dari video tersebut tersebut sejatinya sudah terjadi sekitar 2 tahun silam. Lalu kok bisa ada saja yang nemu lantas baru mempermasalahkannya sekarang?

Lagi dan lagi, jawabannya adalah karena banyak pihak yang sudah terlanjur tidak suka pada Andre. Mereka tentunya rela 'time travelling' ke masa lalu cuma demi menemukan kesalahan-kesalahan sang komedian.

5. Andre Minta Maaf

Ketika permasalahan sudah jadi makin serius, Andre akhirnya memutuskan untuk minta maaf dengan mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia sendiri tak menampik jika guyonannya terhadap Nabi Muhammad memang salah dan berjanji akan lebih berhati-hati ke depannya nanti.

Tak cuma sampai situ saja, Andre juga mendatangi Ustaz Adi Hidayat untuk minta maaf jika guyonan 'Adisomad'-nya telah menyinggung. Ustaz Adi lantas memaafkannya.

Lalu apakah masalah ini akan berakhir damai begitu saja? Tentu tidak..

6. Diistirahatkan dari TV

Meski sudah minta maaf, namun kasus Andre sudah terlanjur jadi besar dan viral bukan main. Dampaknya, pihak televisi mengistirahatkan Andre dari program televisinya untuk waktu yang tak bisa ditentukan.

Sementara itu, publik juga sepertinya masih belum puas dengan ending kasus ini. Tak sedikit yang berharap agar rekan duet Sule itu diproses secara hukum karena kesalahan yang dilakukannya

7. Berakhir Seperti Ahok?

Seperti diketahui, kasus serupa dulu sempat terjadi kala Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga dituding menistakan agama. Beliau akhirnya dengan lapang dada menerima hukuman yang dijatuhkan padanya dengan mendekam di dalam penjara.

Nah pertanyaannya, apakah Andre bakal dilaporkan oleh pihak-pihak tertentu dan akhirnya dipenjara seperti Ahok juga? Kita tunggu saja perkembangan beritanya.


REKOMENDASI
TRENDING