Kronologi Kasus Zumi Zola Hingga Jadi Tersangka Korupsi

Selasa, 10 April 2018 08:54 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Kronologi Kasus Zumi Zola Hingga Jadi Tersangka Korupsi Zumi Zola (credit: Liputan6.com)

Kapanlagi.com - Pada awalnya pihak KPK masih menutupi status tersangka dari Gubernur Jambi, Zumi Zola. Namun statusnya sebagai tersangka tersebar dan muncul dari pihak Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno. Ia mengatakan bahwa Zumi Zola akan dicegah pergi ke luar negeri.

Hal itupun dikarenakan KPK yang memintanya. Permintaan resmi KPK ini tertulis pada sebuah surat Pencegahan. Hal ini dikarenakan status Zumi Zola yang ditetapkan sebagai tersangka.

Pencegahan pun dilakukan sejak 25 januari 2018 hingga enam bulan ke depan. Hal tersebut disampaikan oleh Agung di tanggal 31 Januari 2018.
Baru di tanggal 2 Februarinya, pihak KPK mengumumkan bahwa Zumi Zola resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Zumi Zola sempat mangkir dipemeriksaan kedua  (credit: Liputan6.com)Zumi Zola sempat mangkir dipemeriksaan kedua (credit: Liputan6.com)

Di tanggal 15 Februari lalu, Zumi Zola diperiksa untuk penyelidikan perdana. Namun ia masih dibiarkan bebas. Selama 20 hari mantan pesinetron, Zumi Zola ditahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka bersama pelaksana tugas Kadis PUPR Arfan. Diduga mereka menerima gratifikasi Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor. Uang itu disinyalir diberikan sebagai "uang ketok palu" kepada anggota DPRD Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD Jambi ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka.

Keempat tersangka itu, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

Penyelidikan tersebut bertempat di Rumah Tahanan (Rutan) KPK kavling C-1. Ia pun sempat mangkir dari pemeriksaan penyidik di tanggal 2 April lalu. Kasusnya kini masih terus ditindaklanjuti.

Source: Liputan6

(kpl/gen)


REKOMENDASI
TRENDING