Marcella Zalianty Terinspirasi Warga Perbatasan

Kamis, 07 April 2011 05:45 Penulis: Anton
Marcella Zalianty Terinspirasi Warga Perbatasan Marcella Zalianty
Kapanlagi.com - Film karya sutradara Rudi Soedjarwo berjudul BATAS, mencoba mengeksplorasi kondisi di sebuah wilayah perbatasan yang selama ini nyaris tidak diperhatikan. Film yang akan tayang pada Mei 2011 itu mencoba memperlihatkan batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia tidak hanya bermakna geografis, tetapi juga psikologis.

Menurut produser film BATAS, Marcella Zalianty, dalam 'road discussion film BATAS di Yogyakarta, Rabu (6/4), ide film itu muncul ketika dirinya diundang ke Kalimantan Barat untuk berbicara mengenai masalah perbatasan.

Setelah meninjau langsung ke dusun-dusun, dirinya melihat penduduk setempat mempunyai masalah akses, terutama akses sosial dan pendidikan. "Keadaan itu membuat saya tergerak membuat film BATAS, yang menceritakan perjuangan seorang perempuan yang tinggal di perbatasan Indonesia - Malaysia," katanya.

Ia mengatakan film yang digarap selama 25 hari pada awal 2011 tersebut, ingin dibuat tidak hanya sebagai tontonan, tetapi juga memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar tetap menjaga nasionalisme.

"Banyak kasus warga setempat yang merasa tidak diperhatikan pemerintah, kemudian pindah mencari peruntungan menjadi warga negara Malaysia," katanya.

Artis Jajang C Noer yang berperan dalam film ini mengatakan dirinya salut terhadap penduduk setempat. Mereka sangat pintar, ramah, baik hati, santun, dan sama sekali tidak norak. "Mereka menjamu kami dengan pesta. Ketika mereka mengetahui kami muslim, mereka memotongkan ayam, tidak memberi babi kepada kami," katanya.

Film BATAS menampilkan kombinasi aktor dan artis senior berhadapan dengan pemain muda potensial, di antaranya Marcella Zalianty, Arifin Putra, Jajang C Noer, Ardina Rasti, Piet Pagau, Alifyandra, dan Marcell Domits.    

(antara/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING