Mau Bangun Bisnis Harus Mulai dari Mana? Jenahara Nasution Kasih Bocoran Menariknya dalam Webinar dari Pegadaian

Kamis, 29 September 2022 09:56 Penulis: Wuri Anggarini
Mau Bangun Bisnis Harus Mulai dari Mana? Jenahara Nasution Kasih Bocoran Menariknya dalam Webinar dari Pegadaian (c) Vidio

Kapanlagi.com - Dikenal sebagai entrepreneur yang fokus pada modest fashion, Jenahara Nasution memang layak menjadi panutan. Di usianya yang masih sangat muda, ia sukses membangun brand fashion sendiri. Nggak terasa, sekarang sudah 11 tahun Jena menjalankan bisnis tersebut, lho!

Pasti banyak yang penasaran nih apa yang jadi rahasia dari sosok yang dikenal sebagai fashion entrepreneur tersebut. Dalam webinar Generasi Pandai dari Pegadaian bertema ‘Growth Mindset to Grow Your Wealth’ yang digelar pada Rabu (28/09/2022) secara live streaming, Jena membagikan rahasia dan inspirasinya. Seperti apa sih ceritanya?

Maksimalkan Potensi Diri

Tumbuh dalam keluarga yang menyukai fashion membuat Jenahara ikut mencintai bidang yang satu ini. Nah, untuk bisa membangun bisnis yang baik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan potensi yang dimiliki seseorang terlebih dulu.

“Saya menjadi fashion designer karena saya punya impian. Saya percaya suatu hari bisa jadi apa yang saya mau. Tentu diperlukan kerja keras secara konsisten dan harus tahu gimana memaksimalkan potensi diri,” jelasnya dalam sesi webinar tersebut.

Dalam webinar tersebut, Jena juga menjelaskan berbagai hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi diri calon entrepreneur muda. Belajar hal baru dan keluar dari comfort zone jadi salah satu poin penting untuk memaksimalkan potensi. Selain itu, beranikan diri buat mengejar apa yang kamu inginkan.

"Mengejar impian adalah kunci utama yang memicu kreativitas dan inspirasi. Banyak yang berani bermimpi tapi nggak berani mewujudkannya. Enjoy the process gimana caranya menjadikan impian itu jadi kenyataan," Jenahara menekankan.

To Do List untuk Menjadi Seorang Entrepreneur

Punya mimpi membangun usaha, tapi bingung dari mana? Jenahara membagikan simple to do list yang bisa dilakukan biar kamu lebih fokus pada pengembangan usaha tersebut.

"Mulai dari tentukan jenis usaha, fokus pada 1 peluang usaha saja. Lakukan yang disukai, seperti saya yang suka fashion. Selanjutkan lakukan riset, jadi tahu marketnya seperti apa, usaha ini solusi nggak sih buat orang-orang di sekitar kita? Belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman juga penting. Jangan lupa hidup sederhana, namanya lagi merintis usaha sebisa mungkin fokus pada yang sedang dirintis. Dan jangan takut gagal karena kita bisa belajar dari kegagalan," lanjut Jenahara.

Cuan Belum Tentu Butuh Banyak Modal

Dalam sesi webinar kali ini, hadir juga Ihdina Inti Rachma, Kepala Departemen Digital Marketing & Service PT Pegadaian yang juga ikut membagian tips dan inspirasinya seputar bisnis dan cuan. Menurut Ichdina, cuan belum tentu butuh banyak modal karena kini ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan dunia digital.

“Dari data-data yang ada, dunia digital membuat kesempatan bekerja meningkat sebanyak 1,5 kali lipat, penjualan meningkat dan produk-produk yang dihasilkan juga lebih inovatif. Akses pasar meningkat pesat dari lokal hingga internasional,” jelas Ichdina dalam sesi tersebut.

Ia pun melanjutkan bahwa ada banyak usaha modal kecil di era digital seperti content creator, desain grafis, referral atau dropshipper, hingga copywriter. Bahkan, Pegadaian juga membuka peluang usaha untuk menambah cuan lewat program Sahabat Emas, lho.

“Jadi, Sahabat Pegadaian bisa mengajak teman, keluarga, atau siapapun untuk melakukan transaksi produk Pegadaian menggunakan kode referralmu dan mendapatkan fee hingga Rp 10 juta,” lanjutnya.

Ihdina menjelaskan ada banyak produk yang bisa ditawarkan sesuai kebutuhan. Mulai dari Produk Gadai, Pembiayaan Emas, Pembiayaan Haji, hingga Tabungan Emas. Insentif yang didapat juga nggak main-main. Khusus Produk Gadai, kamu bisa mendapatkan 30% dari sewa modal 15 hari pertama. Untuk produk Pembiayaan Emas besarannya adalah 0,5% dari uang pinjaman minimal Rp 500ribu. Jika menawarkan Pembiayaan Haji, kamu bisa mendapatkan Rp 125ribu per nasabah, dan insentif yang didapatkan dari Tabungan Emas adalah Rp 15ribu.

Tentu saja jangan lupa syarat dan ketentuannya, yaitu untuk nasabah baru dan nasabah yang belum punya produk.

Lalu gimana cara ikutan program Sahabat Emas ini? Gampang banget kok, tinggal ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Masuk ke https://sahabatemas.pegadaian.co.id/ daftarkan diri dan dapatkan kode referral.

2. Share kode referral kepada keluarga, teman, relasi, atau siapapun.

3. Teman atau keluarga bisa menggunakan kode referral kamu di Outlet Pegadaian, Aplikasi, atau Pegadaian Syariah Digital.

4. Jika kodenya sudah digunakan, maka kamu akan menerima insentif.

Kemudahan transaksi pun bisa dirasakan oleh pengguna dengan hadirnya aplikasi Pegadaian Digital yang bisa diakses dengan mudah. “Pegadaian Digital memudahkan transaksi agar semua orang bisa transaksi dengan mudah dan aman karena fitur security-nya sudah advance, real time, terdaftar dan diawasi OJK,” lanjut Ihdina.

Di akhir sesi webinar, Ihdina pun memberikan closing statementnya dengan mengajak para penonton untuk tetap produktif mencari peluang cuan yang bisa dilakukan bersama Pegadaian.

“Yuk Sahabat Pegadaian tetap produktif cari cuan tambahan dari mana saja, kapan saja bersama Pegadaian yang terpercaya dan terdaftar di OJK. Banyak bestie banyak rejeki, banyak kawan banyak cuan!”, pungkasnya.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini

REKOMENDASI
TRENDING