SELEBRITI

Mengenal UN1TY, Boyband Indonesia Dengan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Senin, 30 Agustus 2021 20:23 Penulis: Editor KapanLagi.com

UN1TY (Credit: instagram.com/un1ty_official)

Kapanlagi.com - Tak hanya Korea Selatan yang punya boyband keren dan member dengan visual yang tampan, kini Indonesia juga memiliki boyband baru yang tidak kalah tampan, keren, serta penuh talenta dari boyband Korea Selatan. Benar saja, UN1TY yang resmi debut pada tahun 2019 lalu telah menyita perhatian warga Indonesia. Pasalnya, boyband ini terpilih melalui ajang kompetisi bernyanyi yang diselenggarakan oleh Famous All Star, di mana ajang kompetisi tersebut dikemas dalam sebuah survival show bernama 1ID Music.

Program acara ini diikuti oleh 500 peserta trainee dari berbagai penjuru di Indonesia, tak heran boyband ini memiliki nama UN1TY yang merupakan kepanjangan dari "Unity in Diversity" di mana memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu. Nama tersebut diambil sebagai bentuk cerminan dari semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga UN1TY diharapkan bisa membawa nama baik Indonesia di panggung musik Internasional.

UN1TY berisi 8 member terbaik yang telah terseleksi dari ajang kompetisi 1ID Music di antaranya adalah Farhan, Shandy, Ricky, Gilang, Fenly, Zweitson, Fajri, dan Fiki. Kedelapan pria tersebut telah menjadi perhatian netizen Indonesia kerena usia mereka yang tebilang masih cukup muda. Para member tersebut terpilih karena memiliki keseragaman suara dan karakter yang menarik serta dianggap mampu dapat menciptakan nuansa baru dalam industri musik Indonesia.

1. Awal Karier

UN1TY mengawali kariernya dengan merilis dua single lagu yang berjudul Coba Cintaku yang diluncurkan pada 9 Desember 2019 dan Satu yang dirilis pada 10 Desember 2019. Kedua single tersebut ditulis langsung oleh sang produser, Patrick Effendy, di mana keduanya mampu menembus tangga musik Indonesia. Yang mengejutkannya lagi adalah single Coba Cintaku berhasil menempati peringkat ke-43 pada Billoard Indonesia Top 100, tak berhenti di sana setelah satu bulan perilisan single tersebut menempati peringkat ke-19 pada Langit Musik Top 50 edisi Januari 2020. Sedangkan single Satu tak membutuhkan waktu lama telah berhasil meraih peringkat ke-4 pada Indonesia 20 edisi 15 oleh I-Radio Jakarta. Sungguh pencapaian luar biasa yang didapatkan oleh boyband baru ini.

UN1TY mampu menarik perhatian netizen Indonesia atas keaktifan mereka dalam bermain media sosial TikTok dan di mana mereka sering menunjukkan kemampuan bernyanyi sekaligus menari dalam sebuah video pendek. Sesekali kedelapan pria muda itu menunjukkan aksi lucu dan tengil yang mengundang gelak tawa pengguna TikTok. Tak heran, banyak warga TikTok yang melirik boyband itu sehingga dapat menambah popularitas UN1TY di mata netizen Indonesia. Bukan hanya TikTok, mereka juga aktif dalam mengunggah video di Youtube yang mereka gunakan sebagai daily vlog aktivitas para member UN1TY.

 

 

 

2. Konsep dan Gaya Musik

Pada awal debutnya pada tahun 2019 lalu, UN1TY bertekad untuk merilis 8 konsep lagu sekaligus dengan genre dan warna yang berbeda-beda. Hal tersebut dilakukan untuk menonjolkan daerah tempat tinggal para member dari seluruh wilayah Indonesia, serta menjadi langkah awal bagi boyband ini untuk memperkenalkan delapan member yang memiliki bakat dan karakter yang berbeda. Tidak berhenti di sana, UN1TY memiliki cita-cita yang menjadikan mereka sebagai sebuah representasi modern dari nilai-nilai budaya Indonesia yang ditunjukkan melalui lagu-lagu yang mereka bawakan.

Walaupun terlihat sama dengan boyband asal Korea Selatan yang memiliki banyak member dalam sebuah grup, namun gaya musik UN1TY tidak terlihat menyamai seperti boyband asal negeri ginseng itu. UN1TY tampil dengan musik pop ringan yang ramah didengar oleh warga Indonesia dengan lirik lagu yang dominan berbahasa Indonesia. Atas gaya musik tersebut, penikmat musik Indonesia dapat menerima karya dari boyband baru ini.

 

 

 

3. Kerap Ikuti Aksi Sosial

UN1TY pernah melakukan kampanye V Paket#DiRumahAja bersama V LIVE Indonesia sebagai imbauan kepada masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah selama pandemi COVID-19. Melalui program ini, banyak penggemar yang dapat bertemu dengan idola mereka secara virtual melalui berbagai konten yang tersedia dalam platform V Live. Dalam kontennya, UN1TY memberikan pernyataan mengenai pentingnya bertahan diri di rumah untuk melewati pandemi COVID-19. Agar mereka dapat dijadikan contoh untuk masyarakat Indonesia, UN1TY selalu mengunggah konten video yang menunjukkan hal apa saja yang dapat dilakukan sebagai aktivitas saat berada di rumah agar tidak bosan untuk tetap berdiam diri di rumah saja. Dengan harapan para penggemar maupun masyarakat Indonesia turut membantu pemerintah untuk menghentikan pandemi COVID-19 sesegera mungkin.

Tak berselang lama setelah kampanye bersama V Live Indonesia, UN1TY juga ikut berpartisipasi dalam konser amal #TAYTB Live Stream Fest yang diselenggarakan oleh Samara Live, MRA Media dan Bank OCBC NISP. Festival online ini sepenuhnya diadakan sebagai media alternatif baru untuk Industri Live Event di Indonesia di tengah pandemi COVID-19. Selanjutnya festival ini bekerja sama dengan sebuah yayasan guna mengajak masyarakat untuk membantu masyarakat Indonesia yang terdampak COVID-19 dengan mengirimkan donasi.

 

 

 

4. Fanbase

UN1TY memiliki fanbase bernama YOUN1T, di mana para member pernah menjelaskan bahwa arti nama YOUN1T hampir sama dengan nama grup UN1TY yang bermakna sebagai satu kesatuan. Dalam video mereka dalam VLIVE, UN1TY pernah mengatakan "UN1TY tanpa YOUN1T tidak akan pernah ada UN1TY". Fanbase UN1TY memiliki akun twitter dengan username @YouN1TforUN1TY, akun tersebut berhasil mendapatkan sekitar 2000 followers.

YOUN1T diketahui sebagai fans yang cukup militan. Mereka selalu siap memberikan dukungannya untuk sang idola di berbagai event atau kesempatan apapun. Coba intip saja salah satu rilisan MV terbaru UN1TY yang bertajuk Baby di Youtube. Baru dirilis sebulan saja, videonya sudah ditonton 1 juta kali lebih oleh para YOUN1T. Bahkan, komentar dan like-nya pun banjir pujian!

 

 

 

5. Skandal Dengan Member JKT48

Baru-baru ini pada pertengahan Agustus 2021, terdengar kabar tak mengenakkan dari salah satu member UN1TY yaitu Fiki dengan beredarnya foto mesra bersama salah seorang member JKT48 yakni Ara. Tak hanya Fiki, ternyata Fajri juga tengah melakukan kencan dengan Chika yang juga merupakan sahabat Ara sekaligus member JKT48. Diduga mereka berempat tengah melakukan double date di sebuah kamar hotel, pasalnya tengah beredar foto kolase yang menampakkan wajah mereka berempat di sosial media.

Ara melakukan klarifikasi atas kesalahannya kepada pihak manajemen JKT48, pihak manajemen JKT48 mengambil tindakan dengan menangguhkan seluruh aktivitas Ara sebagai member JKT48 hingga akhir Agustus 2021. Hal tersebut juga berlaku kepada rekannya, Chika, yang tidak bisa mengikuti konser pada Hari Ulang Tahun SCTV yang ke-31. Di mana pada acara tersebut akan ada kolaborasi antara JKT48 dengan UN1TY.

 

Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

 

 

 


REKOMENDASI
TRENDING