Mengenang Sinetron Yang 'Ter': Tersanjung, Tersayang, Terpikat dan Terpesona

Rabu, 18 Oktober 2017 13:15 Penulis: Rahmi Safitri
Mengenang Sinetron Yang 'Ter': Tersanjung, Tersayang, Terpikat dan Terpesona Sinetron era 90an © Multivision Plus

Kapanlagi.com - Judul adalah bagian penting dari drama, film dan tentu saja sinetron. Ada kalanya satu sinetron dengan lainnya punya kesamaan atau mungkin terinspirasi. Seperti yang pernah terjadi di era 90-an dan awal 2000-an. Ada beberapa judul sinetron yang hampir sama.

Masih ingat sinetron Tersanjung? Sinetron yang dulu tayang di Indosiar ini begitu populer saat awal tayang. Sampai-sampai ada beberapa sinetron yang judulnya mirip. Sinetron tersebut adalah Tersayang, Terpikat, dan Terpesona.

Kalau lupa dengan sinetron-sinetron tersebut atau malah baru dengar, yuk kita nostalgia sejenak mengenang tentang sinema-sinema elektronik yang punya judul mengandung unsur 'ter' ini. Siapa tahu dulu KLovers tak pernah ketinggalan dan kangen dengan sinetron-sinetron ini.

TERSANJUNG

Tersanjung pertama kali tayang mulai April 1998 sampai Februari 2005. Karena episodenya yang panjang, sinetron ini sampai berganti-ganti pemain dan diberi embel-embel season hingga 7.

Cerita diawali saat Indah gadis lugu yang tinggal bersama dengan paman dan bibinya (diperankan oleh Lulu Tobing) berkenalan lalu jatuh cinta dengan Boby (diperankan oleh Reynold Surbakti). Keduanya lalu pacaran sampai hamil yang membuat Indah diusir dari rumah oleh bibinya. Boby kemudian malah dijodohkan dengan orang lain oleh sang ayah. Di dalam kesendiriannya itu, Indah menemui banyak orang mulai dari yang baik hingga jahat yang membuat sinetron ini penuh cerita.

Ari Wibowo dan Lulu Tobing jadi pasangan di awal sinetron Tersanjung © Multivision PlusAri Wibowo dan Lulu Tobing jadi pasangan di awal sinetron Tersanjung © Multivision Plus

Karakter Indah ini awalnya memang diperankan oleh Lulu Tobing, tapi kemudian di season 3, entah ada kejadian apa tapi pemainnya kemudian berganti dengan Jihan Fahira. Kekasih karakter Indah pun juga berganti-ganti mulai dari Boby (awalnya diperankan oleh Reynold tapi ganti Adam Jordan di season 2), Rama (diperankan Ari Wibowo, tapi kemudian karakter ini meninggal), dan Jimmy (diperankan oleh Jeremy Thomas dan ganti dengan Adjie Pangestu di season 7).

Yang bernama Indah di sinetron ini pun ada lagi. Indah kecil (anak Jimmy) diperankan oleh Mega Utami dan ketika dewasa di season 6 karakternya dimainkan oleh Cut Tary. Sama dengan Indah sebelumnya, Indah kecil ini hidupnya juga penuh penderitaan. Di season 7, karakter Indah kecil yang sudah ibu-ibu diperankan oleh Ayu Azhari.

Mega Utami sebagai Indah cilik © Multivision PlusMega Utami sebagai Indah cilik © Multivision Plus

Karakter lain yang terkenang dari sinetron ini adalah karakter mertua jahat yang diperankan dengan sangat baik oleh Leily Sagita. Leily adalah mertua dari Ratih sepupu Indah (diperankan oleh Novita Wibowo). Tante Amerika, karakter cewek yang naksir Jimmy dan diperankan oleh Feby Febiola juga terkenang di hati penonton karena aksen Inggris dan sifatnya yang menyebalkan.

Selain ceritanya yang selalu menderita, yang juga diingat dari sinetron ini adalah saat para karakter utama mau bertemu pasti akan muncul tulisan bersambung. Setelah seminggu menunggu episode baru dan berharap mereka bertemu, ada saja halangannya seperti yang satu terjatuh atau tiba-tiba atau ada yang memanggil.

TERSAYANG

Kesuksesan Tersanjung kemudian dilanjutkan oleh Tersayang yang dulu tayang di SCTV setiap hari Rabu pada tahun 1999. Kalau Tersanjung membidik segmen ibu-ibu dengan cerita mengharukan, Tersayang lebih ke remaja dengan kisah cinta yang bikin gemas di masanya.

Kisahnya tentang Dion (Anjasmara) dan Mayang (Jihan Fahira) yang saling jatuh cinta. Tapi Mayang tak bisa begitu saja bisa menerima cinta Dion, karena dia sudah dijodohkan dengan sosok pria yang tak pernah ditemuinya yaitu Andi (Adam Jordan). Dion pun akhirnya berbohong dan bilang kalau dialah pria yang dijodohkan dengan Mayang. Keduanya pun lalu pacaran dan kisah cinta mereka jadi favorit banyak orang. Masalah menjadi makin rumit saat Dion tahu kalau Andi adalah kakaknya yang terpisah.

Topi tersayang yang dulu booming © Multivision PlusTopi tersayang yang dulu booming © Multivision Plus

Yang terkenang dari sinetron ini adalah topi warna biru dan pink bertuliskan 'tersayang' dengan hiasan mawar. Topi tanda cinta Dion dan Mayang ini dulu populer banget dan dijual di mana-mana gara-gara sinetronnya booming banget. Anak kecil sampai remaja yang nonton sinetron ini dulu pasti punya topi ini.

Kisah cinta Dion dan Mayang awalnya memang manis, tapi ending sinetron ini malah menggantung banget. Buat yang masih ingat, adegan saat Mayang tahu kalau Dion bukan tunangannya epic banget dengan efek petir menyambar.

TERPIKAT

Terpikat juga tayang di SCTV tahun 1999 ini mengandalkan bintang-bintang seperti Indra Bruggman, Nafa Urbach dan pendatang baru waktu itu Wulan Guritno. Kisah sinetron ini juga anak muda banget dengan mengandalkan cerita cinta antara sahabat di tempat kerja.

Terpikat mirip Kuch Kuch Hota Hai © Multivision PlusTerpikat mirip Kuch Kuch Hota Hai © Multivision Plus

Ceritanya tentang Tedy (Indra Bruggman), cowok ganteng, cool, dan gaul yang bikin jatuh cinta para wanita dan dikagumi para pria. Ia bersahabat dengan Joya (Wulan Guritno), cewek tomboy yang nggak menyadari kecantikannya. Tedy dan Joya ini kadang kompak banget tapi nggak jarang mereka ribut karena beda pendapat. Joya mulai menyadari perasaannya pada sang sahabat, saat Tedy jatuh cinta kepada Dina (Nafa Urbach) yang cantik banget, feminin, lemah lembut dan perasa.

Melihat sinopsis singkat sinetron ini bikin KLovers ingat sama sesuatu nggak? Yap, ceritanya memang mirip dengan film hits Bollywood, KUCH KUCH HOTA HAI. Dulu waktu Terpikat tayang, memang banyak yang bilang begitu. Tapi tenang ending-nya beda kok.

TERPESONA

Mungkin banyak yang nggak ingat dengan sinetron ini. Selain karena memang tayangnya nggak lama, Terpesona juga memang bisa dibilang gagal booming seperti sinetron 'ter-ter' yang jadi pendahulunya. Tapi sinetron ini juga didukung bintang top seperti Anjasmara dan Krisdayanti.

Anjas dan KD dulu pernah dipasangkan © Multivision PlusAnjas dan KD dulu pernah dipasangkan © Multivision Plus

Kisahnya tentang seorang gadis (diperankan oleh KD) yang enggan bahkan anti punya pacar/suami dari kalangan orang berada. Anti-mainstream banget kan? Karakter yang diperankan oleh Anjasmara kebetulan adalah anak orang kaya. Demi mendapatkan cinta gadis yang disukainya (si KD tadi) ia menyamar sebagai pemuda perantauan yang berlogat Jawa. Ia lalu numpang kost di rumah si gadis. Keduanya lalu pacaran tapi tentu saja masalah muncul saat jati diri sebenarnya si cowok terungkap.

Ada yang ingat dengan sinetron-sinetron ini? Kalau KLovers dulu suka yang mana nih?

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING