SELEBRITI

Menilik Ikoy-Ikoyan yang Dipopulerkan Arief Muhammad, Cara Baru Berbagi & Mungkinkah Tepat Sasaran?

Senin, 02 Agustus 2021 22:01

Instagram @riefmuhammad

Kapanlagi.com - Istilah Ikoy-Ikoyan memang sempat ramai dan dibahas oleh banyak orang beberapa hari terakhir. Istilah ini awalnya dibagikan dan diviralkan oleh Influencer Arief Muhammad melalui akun Instagramnya. Intinya, Arief memberikan hadiah uang cuma-cuma kepada para followersnya.

"Awalnya cuma kirim-kirim makanan, itu sudah lama dan berbulan-bulan. Cuma dua hari ini kita iseng coba kirimin duit. Itu yang awal mulanya (Ikoy Ikoy) jadi ramai," kata Arief Muhammad dilansir Matamata, Senin (2/8/2021).

Dari keisengan tersebut, rupanya Ikoy-Ikoy menjadi viral di social media. Dari yang hanya beberapa juta, Arief akhirnya mendapatkan banyak 'titipan' dari para rekan bisnisnya untuk mengelola uang yang mereka berikan untuk dibagi-bagikan kepada followers Arief, yang membutuhkan tentu saja.

Aksinya ini memang menjadi viral karena dilakukan pada saat momen yang tepat. Ya, seperti kita tahu, pandemi Corona yang kasusnya naik di Indonesia memaksa Presiden Jokowi untuk melakukan PPKM atau pembatasan kegiatan secara lokal, yang dampaknya bervariasi kepada banyak orang.

1. Berbagi Cara Baru

Ada yang tak terpengaruh sama sekali dengan PPKM, namun ada pula yang sampai harus struggling dan menjual barang-barang pribadi hanya untuk bertahan hidup. Hal inilah yang sebenarnya menjadi salah satu poin dari Arief dalam melakukan Ikoy-Ikoyan, agar orang-orang yang terdampak PPKM ini, paling nggak bisa sedikit bernafas lah dengan bantuan uang yang diberikan.

Bahkan kabarnya, dari tambahan uang yang dititipkan oleh rekan-rekannya, kini mencapai ratusan juta rupiah untuk disalurkan. "Mereka lihat main ikoy-ikoyan ramai impact-nya di bisnis juga akhirnya mereka minta tolong 'Mau dong titip gue kasih sekian', nggak bisa (jelasin) detailnya tapi ratusan juta, yang mereka titipin ke gue itu yang kemarin gue habisin," beber Arief.

Cara untuk mendapatkan uangnya juga terbilang mudah. Kamu tinggal DM Arief dan tulis kebutuhanmu apa. Yang terpilih akan ditransfer uang sejumlah yang diperlukan. Begitu saja, simple.

2. Trend Baru?

Lantas, apakah Ikoy-ikoyan ini akan menjadi salah satu trend baru untuk berbagi kepada yang membutuhkan? Bisa jadi. Namun apakah Ikoy-ikoyan ini bisa tepat sasaran? Belum tentu. Tak ada parameter yang bisa secara 100% membuktikan apakah kebutuhan-kebutuhan dari para followers yang nge-DM akun Arief memang benar atau hanya rekayasa saja.

Namun jika tujuan awalnya memang ingin memberi tanpa memandang latar belakang apapun, Ikoy-ikoyan ini adalah teknik yang paling mudah dan cepat. Tak ada survey, blusukan cari penerima uang, dan sederet kegiatan lainnya yang menyita waktu. Hanya minta orang buat DM kebutuhan, terus ditransfer, beres.

Perkara tepat sasaran atau tidaknya juga sebenarnya bukanlah masalah penting, mengingat di masa pandemi seperti sekarang ini, semua orang pasti butuh duit. Yang paling penting, aksi ini ternyata juga jadi inspirasi seleb maupun influencer lain untuk melakukan hal yang sama, yang ujung-ujungnya tentu saja dapat membantu orang lebih banyak lagi.

You did a great job, Rief!


REKOMENDASI
TRENDING