SELEBRITI

Sebut Tak Berdarah Indonesia, Agnes Mo Getol Promokan Budaya Tanah Air

Selasa, 26 November 2019 11:42 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Agnez Mo © instagram.com/agnezmo

Kapanlagi.com - Agnez Mo menjadi buah bibir masyarakat Indonesia karena pernyataannya baru-baru ini. Ketika melakukan wawancara dengan BUILD, Agnez menyatakan bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia.

"Ya, aku sebenarnya tidak punya darah Indonesia sama sekali. Aku keturunan Jerman, Jepang, China, aku hanya lahir di Indonesia. Dan aku juga seorang Kristen, sementara di Indonesia mayoritasnya adalah muslim. Aku nggak mau bilang kalau aku bukan bagian dari Indonesia, karena aku merasa orang-orang bisa menerimaku dengan baik, tapi memang ada perasaan di mana aku merasa berbeda dari orang-orang kebanyakan. Hal itu mengajarkanku untuk menerima kritik, perbedaan, dan sisi unik dalam diriku," ujar Agnez.

Agnez pun menjelaskan bagaimana perbedaan budaya di Indonesia begitu beragam. Dengan lebih dari 18 ribu pulau, suku dan budaya serta bahasa di Indonesia pun sangat kaya. Dan hal ini yang kemudian membuat Agnez terbiasa melihat perbedaan dan meski minoritas ia diterima oleh masyarakat Indonesia dengan baik.

 

 

 

1. Sering Pakai Kebaya

Meski dalam wawancaranya kali ini Agnez mengaku tak berdarah Indonesia, nyatanya dalam berbagai kesempatan karir internasionalnya, Agnez justru sangat getol mempromosikan budaya tanah air dari berbagai suku. Sejak masih berkarir di Indonesia sampai kemudian ia melebarkan sayap ke Amerika Serikat, Agnez terus menunjukkan keragaman budaya dan suku dari tempat ia dilahirkan.

Salah satunya adalah Agnez memakai kebaya dengan batik khas Indonesia di video klip Bottle Coke yang dirilis di Amerika. Dalam video klip tersebut, Agnez menunjukkan bahwa baju yang ia kenakan berasal dari Negeri yang ia cintai.

2. Promosi Budaya Papua

Ketika membuat video klip single Diamond, Agnez mengusung budaya Papua. Ia mengubah gaya rambutnya dengan kepang panjang yang disebut masyarakat Papua sebagai Anyam Rambut. Meski sempat dihujat haters karena rambutnya, Agnez mengaku bahwa ini adalah bagian dari promosi budaya Papua.

"Sebenarnya ini biasa sih, kan di culture kita juga banyak yang kayak gini, di Bali, Papua juga ada yang memang anyaman rambutnya gini, jadi ya emang pengin aja," ujarnya kala itu, (25/8/2019).

Agnez pun mengajak beberapa orang Indonesia untuk menjadi model video klip Diamond. Ia menunjukkan beberapa budaya di klip ini, khususnya Bali dan Papua yang menjadi titik fokus promosinya tentang Indonesia pada lagu itu.

3. Menjunjung Bhinneka Tunggal Ika

Tidak hanya sekali Agnez Mo mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Ia mencintai bagaimana Indonesia memiliki prinsip Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti 'Berbeda-beda tetapi tetap satu jua'.

Nggak hanya membahas Bhinneka Tunggal Ika ketika wawancara dengan BUILD, yang kemudian viral karena potongan videonya menyebar di dunia maya. Agnez konsisten mengusung Bhinneka Tunggal Ika sudah sejak lama.

"Bukankah menakjubkan bagaimana perbedaan dan persamaan kita sebagai manusia? Inilah yang diajarkan kepadaku oleh budayaku. Berbeda tetapi tetap bersatu #Bhinnekatunggalika," tulis Agnes pada (11/8/2019) lalu.

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING