Nikah, Melly Zamri dan Suami Berebut Ayam

Senin, 12 April 2010 19:51 Penulis: Mahardi Eka
Nikah, Melly Zamri dan Suami Berebut Ayam Melly Zamri dan suami Foto: Budi Juwono
Kapanlagi.com - Akad nikah Melly Zamri dan Fery Winaldi Damanik menggunakan adat Minang, dilanjutkan dengan prosesi adat Simalungun yaitu Mangarao Nasi Kuning dan lauk pauk. Menurut Aldi, prosesi adat Simangulun itu bermakna untuk memberi makan kepada keluarga Melly dan begitu pun sebaliknya. Lalu dilanjutkan dengan menari Tor-tor sebagai tarian kegembiraan.

"Setelah ijab selesai kita pakai adat Minangkabau, keduanya Mangaroa Nasi Kuning. Itu simbolis, di mana dalam nasi kuning ada ayam, siapa yang ngambil dapat bagian apa itu ada artinya. Di adat Simalungun kita memberi makan keluarga besar Melly dan sebaliknya, kemudian juga pemberian ulos dari keluarga kami ke Melly. Dan ada tari tor-tor menari bersama yaitu kegembiraan," Ujar Aldi saat ditemui di Jl. Melati III No. 88 Ampera Jakarta Selatan, Sabtu (10/4).

Ada sedikit cerita unik ketika kedua mempelai tersebut memperebutkan seekor ayam. Melly Menuturkan dirinya mendapatkan bagian yang lebih besar dari suaminya. Sementara Aldi hanya mendapatkan bagian paha dan kakinya saja. Namun Melly menambahkan, maknanya Aldi adalah seorang suami yang pintar mencari uang.

"Tadi pas ambil ayam aku dapat bagian yang besar sedangkan Aldi cuma dapet paha dan kaki, tapi filosofinya bahwa ayam itu kan nyari makanya menggunakan kaki, alhamdulillah suami aku orang pintar yang mencari duit, gitu kata orang tua." Ujar Melly. Prosesi pernikahan Melly dan Aldi terlaksana dengan menggunakan dua adat yang berbeda. "Sudah dipersingkat seringkas mungkin kalau tidak bisa bisa dua hari dua malam belum selesai," jelas Aldi dan Melly.  

(kpl/buj/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING