Nilai Mahar Laudya Cynthia Bella 'Sederhana'? Karena di Malaysia Ada Aturannya

Senin, 11 September 2017 11:38 Penulis: Wulan Noviarina
Nilai Mahar Laudya Cynthia Bella 'Sederhana'? Karena di Malaysia Ada Aturannya Laudya Cynthia Bella ©instagram/shireensungkar

Kapanlagi.com - Berbeda dengan Indonesia yang tidak menetapkan batas maksimal mahar pernikahan yang bisa diberikan oleh pengantin pria ke mempelai wanita, tidak demikian halnya dengan Malaysia. Di negeri tetangga itu, mahar yang diberikan kepada mempelai wanita sudah diatur.

Dilansir dari kahwinmall.com, aturan masing-masing negara bagian berbeda-beda. Demikian pula dengan mas kawin yang bisa diberikan kepada mempelai perempuan yang masih gadis atau janda, nilainya berbeda.

Aturan mas kawin ini pun berlaku pada pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran. Di hari pernikahannya, Bella mendapatkan mas kawin berupa uang dengan nilai RM 300 atau sekitar Rp 940 ribu.

Aturan mas kawin di Malaysia ©kahwinmall.comAturan mas kawin di Malaysia ©kahwinmall.com

Meski demikian, nilai mas kawin yang diberikan Emran kepada Bella sudah melebihi aturan yang berlaku di Kuala Lumpur. Jika menuruti aturan Kuala Lumpur, Bella hanya akan mendapatkan RM 80 atau sekitar Rp 250 ribu saja.

Dalam web tersebut juga disebutkan bahwa nilai yang diberikan oleh pihak pengantin laki-laki bisa berubah tergantung pada Majelis Agama Islam atau KUA setempat. Dan nampaknya KUA tempat Emran dan Bella menikah memperbolehkan mas kawin lebih dari nilai yang berlaku di Kuala Lumpur.

Tidak semua negara bagian di Malaysia memberlakukan batas maksimal untuk nilai mahar kepada mempelai perempuan. Ada beberapa negara bagian yang tidak mengatur mahar dan menyerahkannya kepada pihak keluarga untuk menyepakatinya bersama.

Laudya mendapatkan mahar RM 300 dari Emran ©instagramLaudya mendapatkan mahar RM 300 dari Emran ©instagram

Nilai ini pun berubah-ubah setiap tahunnya, tidak menjadi aturan menetap yang saklek. Tabel di atas adalah nilai yang berlaku pada tahun 2016 sampai 2017, dan belum ada aturan baru lagi yang menetapkan nilai mahar ini.

Walaupun nilai mahar diberikan batas maksimal, namun KUA Malaysia tidak membatasi nilai hantaran yang diberikan oleh keluarga. Pengantin pria boleh memberikan hadiah lebih mahal daripada mas kawin yang diberikan ketika akad.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING