Oki Setiana Dewi Berangkat ke Spanyol Untuk Bantu Bangun Masjid

Jum'at, 07 April 2017 17:15 Penulis: Ahmat Effendi
Oki Setiana Dewi Berangkat ke Spanyol Untuk Bantu Bangun Masjid Oki Setiana Dewi ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Artis cantik Oki Setiana Dewi termasuk bintang yang cukup fokus dengan syiar agama Islam. Tak hanya di Indonesia, ia sempat terlibat dalam kegiatan dengan Muslim Australia dan juga Spanyol. Baru-baru ini Oki terlibat aktivitas penggalangan dana untuk membantu pembangunan masjid di Spanyol.

"Banyak sekali dapat ilmu baru. Kemudian Oki berangkat ke Spanyol bersama Dewi Sandra, kita mewakili Indonesia. Jadi perwakilan Indonesia, Malaysia, Singapura. Kita mendukung program a tile for Seville yaitu membuat masjid di Seville," ujar Oki Setiana Dewi di K-Link Tower, Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Minggu (02/04).

Dana yang dibutuhkan untuk membangun masjid di kota Seville tersebut tidak sedikit. Setidaknya dibutuhkan sekitar €16 Juta untuk bisa menyelesaikan masjid itu. Jika dirupiahkan dana tersebut mencapai angka lebih dari Rp 226 miliar.

"Yang kita tahu, Spanyol selama 8 abad pernah Islam sangat berjaya. Tapi masjid tidak ada khususnya di Seville. Setiap Jumat selalu banyak orang yang bersyahadat, teman yang baru masuk Islam, generasi-generasi baru selalu meningkat para muslimnya. Mereka nggak punya masjid," ujarnya.

Oki Setiana Dewi sempat pergi ke Spanyol untuk membantu penggalangan dana bangun masjid. © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoOki Setiana Dewi sempat pergi ke Spanyol untuk membantu penggalangan dana bangun masjid. © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Oki lantas menceritakan kondisi umat Muslim di kota Seville, Spanyol. Meski Islam berkembang dengan cukup pesat, namun mereka tak memiliki tempat yang bisa dijadikan lokasi ibadah yang layak.

"Mereka hanya punya mushola yang di atasnya apartemen. Dan kalau mereka sedikit bersuara saja, orang-orang apartemen akan protes. Ketika mereka Ramadhan, muslimnya banyak tapi tempatnya sangat kecil dan sangat panas. Mereka tidak nyaman untuk beribadah. Jadi mereka betul-betul butuh masjid di situ," ujarnya.

Islam di Eropa saat ini memang kembali berkembang dengan cukup pesat. Apalagi jumlah pemeluknya memang terus bertambah seiring perkembangan waktu.

"Itu kenapa Oki, Mbak Dewi, dan teman-teman perwakilan yang lain ingin membantu teman-teman di Spanyol untuk membuat masjid di Seville. Miris lah, karena dulu Islam pernah berjaya 800 tahun, tapi kita nggak punya masjid sama sekali," tandasnya.

(kpl/pur/sjw)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING