Ony Syahrial Berburu Penyandang Cacat Berprestasi

Selasa, 27 Maret 2007 21:08 Penulis: Anton
Kapanlagi.com - Pemeran 'Ucil' dalam serial Tuyul dan Mbak Yul, Ony Syahrial, baru-baru ini sibuk berburu penyandang cacat berprestasi di Yogyakarta. Kesibukan komedian kelahiran tahun 1974 itu bukan tanpa tujuan, ia bersama rekan-rekan 'tuyul' sesama pemain dalam sinetron tersebut berniat menggarap sebuah dokumenter untuk konsumsi nasional.

"Proyek ini dari Departemen Sosial, yang bertujuan untuk memotivasi penyandang cacat lainnya di seluruh tanah air, agar tidak patah arang dengan keterbatasan yang dimiliki," kata pengisi suara serial kartun populer Crayon Shin-chan tersebut, saat menjadi presenter bersama Tasya, dalam sebuah acara peresmian SD di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (27/3).

Hasil buruannya sejak akhir tahun lalu itu akhirnya menemukan empat penyandang cacat yang dinilai berprestasi, karena mampu mandiri dalam menjalani hidupnya.

"Mereka adalah pedagang mainan di Pasar Beringharjo Yogyakarta, ada juga yang membuka kursus komputer, buka bengkel dan penyandang cacat yang sukses dengan usaha pemancingan," katanya.

Dokumenter itu mengisahkan para penyandang cacat tersebut, mulai dari masuk hingga bimbingan yang diterima di panti Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC). Kini semua bahan yang telah dikumpulkan itu sudah masuk dapur 'editing', tinggal menunggu hasil jadinya tak lama lagi.

Bersama kru dari Jakarta, Semarang dan Yogyakarta, ternyata Ony berperan jauh dari profesi yang digeluti selama ini dalam pembuatan dokumenter itu. Bukan menjadi presenter, tetapi ia memilih bekerja di belakang layar mengutak-atik foto alias menjadi fotografer.

"Dalam pembuatan dokumenter ini saya merasakan seolah berada di dunia lain," katanya serius.

Ia juga mengaku, dalam kegiatan barunya itu dimanfaatkan pula untuk belajar foto.

(*/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING