Peduli Laut, Hamish Daud Kolaborasi Bareng Bu Susi Tuk Lestarikan Laut Indonesia

Senin, 14 Mei 2018 10:30 Penulis: Rezka Aulia
Peduli Laut, Hamish Daud Kolaborasi Bareng Bu Susi Tuk Lestarikan Laut Indonesia Hamish akan kolaborasi dengan Bu Susi demi laut Indonesia. © KapanLagi.com/Akbar

Kapanlagi.com - Kecintaan Hamish Daud pada laut memang bukan lagi hal yang baru. Suami Raisa Andriana yang aktif sebagai model iklan dan pemain film ini memang sangat dekat alam terutama laut.

"Dari bayi sudah diajak sama keluarga sama almarhum ayah, sama tim eksplorasi dia. Jadi udah ya saya tumbuh di alam," terang Hamish Daud saat ditemui KapanLagi di Tenis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

Lelaki blasteran Australia-Indonesia ini memang amat dekat dengan laut, ia juga penyuka olahraga air. Kecintaanya pada alam juga pernah mengantarkannya menjadi host acara petualangan alam di TV. Pria 38 tahun ini gemar menjelajah alam Indonesia untuk menemukan surga tersembunyi, hampir seluruh pelosok Indonesia menjadi favoritnya.

"Bagian paling suka susah ya. Tapi kita most of time kalau lagi research kita ke Papua. Kenapa Papua karena 75 persen terumbu karang di dunia itu ada di Papua. Jadi sespesial itu. Jadi Indonesia yang sekaya itu," jawab Hamish.

Hamish Daud mengaku prihatin atas kondisi laut Indonesia. © KapanLagi.com/AkbarHamish Daud mengaku prihatin atas kondisi laut Indonesia. © KapanLagi.com/Akbar

Kekayaan alam Indonesia semakin melimpah karena luas daerah perairan Indonesia yang lebih besar dari daratan. Namun sayang sumber daya yang tersimpan dalam lautan Indonesia ini sering dieksploitasi bahkan melalui tindakan ilegal fishing.

"Dulu waktu tinggal di Sumba selama sembilan tahun sering berenang sama hiu, duyung, sama paus tapi skrg udah ga ada lagi. Ini bukan masalah baru ya, ini udah tiga dekade terjadi. Karena ilegal fishing, sekarang mulai terbantu dengan adanya Bu Susi. Sebenernya kita udah mengalami ilegal fishing 240 triliun per setahun. Tapi sekarang itu udah mulai berenti, udah saatnya kembali seperti dulu," ujar Hamish menceritakan keprihatinannya

Kondisi penurunan kualitas hidup dan habitat ikan ini membuat Hamish prihatin dan tergerak melakukan upaya penyelamatan. Ia pun bekerja sama membuat gerakan Indonesia Ocean Pride yang turut mengajak menteri Susi Pudjiastuti.

"Pengen banget dalam gerakan ini namanya Indonesia Ocean Pride, itu baru launch website dan salah satu brand ambassador yg mau kita ajak itu Bu Susi," pungkas Hamish.

(kpl/far/rna)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING