Potret Andy Warhol Laku Rp6 Miliar

Kamis, 19 Oktober 2006 13:47 Penulis: Erlin
Kapanlagi.com - Potret Andy Warhol karya fotografer Robert Mapplethorpe terjual dengan harga US$ 643.000 (sekitar Rp6 miliar) dalam lelang Rabu lalu, balai lelang Christie`s menyatakan.

"Penjualan potret "Andy Wahol" yang diambil pada 1987 itu, dalam cetakan platina pada kain linen dengan empat panel sutra, merupakan rekor untuk foto jepretan Mapplethorpe, AFP melaporkan.

Potret tersebut, yang memperlihatkan Warhol dengan wajah membeku mengenakan sweater hitam dengan kerah digulung, sebelumnya hanya dinilai berharga antara US$ 200.000 hingga 300.000 . Christie`s tidak mengungkapkan jatidiri si pembeli.

Andy Warhol yang lahir pada 6 Agustus 1928 dan meninggal dunia pada 22 Pebruari 1987 adalah seorang seniman serba komplet. Selain sebagai sutradara baris depan, penulis dan tokoh sosial Amerika, ia juga bekerja sebagai penerbit, produser musik dan aktor.

Dengan latar belakangnya dalam seni komersial, Warhol adalah pendiri gerakan Seni Pop (Pop Art) pada dasawarsa 1950-an.

Ia amat terkenal dengan lukisannya yang berwarna menyolok atas barang-barang konsumsi, obyek sehari-hari, pisang yang tampil dalam album musik rock The Velvet Underground and Nico (1967), dan juga lukisan potret para ikon pesohor abad 20, seperti Marilyn Monroe, Elvis Presley, Jacqueline Kennedy Onassis, Judy Garland, dan Elizabeth Taylor.

(*/erl)

Editor:

Erlin


REKOMENDASI
TRENDING