SELEBRITI

Janggal dan Penuh Misteri, Berikut 7 Teori Konspirasi Kematian Selebriti Dunia yang Dianggap Palsu

Kamis, 17 September 2020 22:08

©AP Images/Esquier

Kapanlagi.com - Penggemar teori konspirasi tentu sudah tak asing dengan kematian Michael Jackson dan Elvis Presley. Kedua tokoh besar dunia itu dianggap meninggalkan banyak misteri bahkan saat ajal menjemput mereka.

Baik Jackson maupun Presley dianggap telah memalsukan kematian mereka sendiri demi hidup tenang sebagai orang biasa. Namun tak hanya kedua tokoh besar itu, ada juga sejumlah selebriti dan tokoh papan atas yang diduga memalsukan kematian mereka.

Berikut ini adalah sederet teori konspirasi kematian artis yang dianggap palsu oleh sebagian besar penggemarnya.

1. Michael Jackson

Michael Jackson meninggal pada Juni 2009 silam. Penyanyi berjuluk King of Pop ini meninggal di kediamannya setelah keracunan pil penghilang rasa sakit yang dikonsumsinya selama bertahun-tahun.

Kematian Jackson menggegerkan publik karena ia tengah berada di puncak karir pada saat itu. Tak heran banyak penggemar yang merasa tak percaya dengan kabar tersebut. Bahkan beberapa di antaranya percaya bahwa Jackson sengaja memalsukan kematiannya sendiri untuk menghindari sorotan publik dan hidup sebagai orang biasa.

Teori konspirasi tentang kematian bintang pop dunia ini semakin menjadi-jadi setelah beberapa pihak mengklaim bertemu dengannya secara tak sengaja bertahun-tahun setelah kematiannya. Namun hingga kini pengakuan pihak-pihak tersebut tak bisa dipastikan kebenarannya.

2. Elvis Presley

Nama Elvis Presley tentu saja sudah tak asing lagi bagi pecinta musik di seluruh dunia. Meski telah meninggal puluhan tahun silam, karya-karya Presley masih diputar dan dinikmati jutaan orang di seluruh dunia hingga saat ini.

Presley ditemukan meninggal di toilet rumahnya sendiri. Ia diduga jatuh dan tak bisa bangun setelahnya. Sebelum meninggal ia diduga sempat merangkak di dalam kamar mandi untuk meminta pertolongan.

Banyak penggemar percaya kematiannya pada 16 Agustus 1977 itu tidaklah nyata. Kecurigaan penggemar bermula saat batu nisan milik Presley bertuliskan Elvis Aaron Presley. Padahal selama ini ia dikenal dengan nama Elvis Aron Presley. Kesalahan cetak di batu nisan tersebut memantik banyak kecurigaan yang membuat penggemar yakin bahwa jasad yang berbaring di makam tersebut bukanlah sang penyanyi.

Selain itu sejumlah kemunculan sejumlah orang yang dianggap sangat mirip dengan Presley juga membuat penggemar semakin menggila. Dari sosok figuran di film HOME ALONE sampai rekaman suara yang digadang-gadang merupakan suara Presley membuat penggemar percaya bahwa kematian tersebut memanglah direkayasa.

Sempat pula beredar sebuah rekaman yang dipercaya banyak orang sebagai rekaman suara milik Presley. Pria dalam rekaman suara tersebut mengaku sebagai salah satu ikon dunia yang lama menghilang. Ia mengaku sengaja bersembunyi untuk menjalani kehidupan normal dan menghindari sorotan publik.

3. Marilyn Monroe

Marilyn Monroe menjadi salah satu selebriti yang kematiannya sering diperbincangkan hingga hari ini. Kematian aktris ikonik ini dipenuhi banyak misteri dan teori konspirasi.

Tak sedikit yang menganggap kematian Monroe hanyalah kebohongan semata. Banyak dari penganut teori konspirasi percaya bahwa kematian Monroe saat itu adalah sebuah rekayasa.

Banyak yang percaya, sebenarnya Marilyn Monroe tidaklah mati melainkan dikirim ke institusi mental di Kanada. Hal ini dikarenakan masa sulit yang dialaminya setelah mendapat ancaman kematian. Ia diduga menetap di pusat kesehatan mental tersebut kurang lebih selama 20 tahun.

Bahkan ada seorang wanita tunawisma yang disebut-sebut sebagai sosok Marilyn Monroe. Wanita tersebut ditemukan oleh seorang penulis bernama John Alexander Baker pada 1984 silam di Nova Scotia. Wanita tersebut disebut memiliki kemampuan bernyanyi dan wajah yang sangat mirip dengan Monroe.

4. Andy Kaufman

Andy Kaufman memang dikenal dengan banyaknya pemberitaan palsu sepanjang karirnya. Jauh sebelum ia meninggal karena kanker paru-paru, ia pernah membicarakan tentang memalsukan kematiannya sendiri. Ia dilaporkan pernah menyatakan jika dirinya mati, ia akan muncul 20 tahun kemudia dalam kondisi sehat.

Hal tersebut yang membuat banyak orang tak percaya padanya saat ia mengumumkan kanker paru-paru yang dideritanya pada tahun 1984 silam. Bahkan setelah ia meninggal 4 bulan kemudian, masih banyak orang yang skeptis dan menganggap kematian Kaufman sebagai candaan belaka.

5. Kurt Cobain

Kematian musisi legendari, Kurt Cobain menjadi sebuah berita menggemparkan. Ada banyak orang yang percaya bahwa pentolan Nirvana ini tak benar-benar bunuh diri. Beberapa menganggap bahwa sebenarnya sang istri lah, Courtney Love yang menembak Cobain pada hari itu.

Tak cukup di situ, kematian Kurt Cobain juga dipercaya sebagai sebuah kematian palsu. Banyak penganut teori konspirasi yang menganggap Cobain masih hidup. Ia dipercaya memalsukan kematiannya untuk menjauh dari hingar bingar dunia hiburan dan pergi dari istrinya.

6. Princess Diana

Kematian Princess Diana menjadi salah satu peristiwa paling mengejutkan pada tahun 1997 silam. Kematiannya yang tragis dan mendadak membuat seluruh dunia gempar pada masa itu. Banyak orang yang merasa kematian matan istri Pangeran Charles ini sangat janggal dan tak wajar.

Keterlibatan keluarga kerajaan Inggris dalam peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa Diana pada saat itu menjadi perbincangan hangat. Banyak yang menduga bahwa Diana dan sang kekasih sengaja dibunuh oleh pihak kerajaan.

Tak berhenti di sana, banyak pula yang percaya bahwa sebenarnya Putri Diana berhasil selamat dari kecelakaan tersebut. Ia memalsukan kematiannya untuk bersembunyi dari keluarga kerajaan. Bahkan sempat beredar sebuah foto yang dipercaya sebagai Diana tengah duduk di atas kursi roda.

7. Tupac Shakur

Rapper legendaris Tupac Shakur meninggal lebih dari 20 tahun lalu. Namun tak sedikit orang yang percaya bahwa ia masih hidup. Hal ini karena sosok bodyguard yang mendampinginya mengaku telah mengamankan sang rapper ke Cuba.

Sejak saat itu muncullah beragam teori yang menyatakan bahwa Shakur masih hidup dan tinggal dengan damai disebuah tempat untuk menghindari kejaran mafia. Ada juga sejumlah orang yang diklaim mirip dengan dirinya. Meski begitu, seperti teori-teori konspirasi lainnya, hingga kini tak bisa dipastikan kebenaran dari kabar tersebut.


REKOMENDASI
TRENDING