Saipul Jamil Dituntut Hukuman 4 Tahun Penjara Atas Kasus Suap

Rabu, 19 Juli 2017 20:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Saipul Jamil Dituntut Hukuman 4 Tahun Penjara Atas Kasus Suap Saipul Jamil © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Saipul Jamil saat ini tengah menghadapi ujian demi ujian hidup yang berat. Seperti diketahui, saat ini dirinya tengah menjalani hukuman 5 tahun penjara atas kasus pencabulan yang dilakukannya pada pria di bawah usia berinisial DS. Namun nasib sialnya tak berhenti sampai situ saja.

Ya, pada salah satu sidang, Bang Ipul dituding telah mencoba melakukan aksi suap pada pihak PN agar hukumannya diringankan. Gara-gara itu, mantan suami Dewi Perssik itu jadi tersangka KPK dan dituntut 4 tahun penjara oleh pihak Jaksa Penuntut Umum.

"Kami akan menyiapkan pledoi pembelaan semaksimal mungkin selama 1 minggu. Jadi minggu depan kami akan sampaikan pembelaan. Seperti diketahui oleh publik, bang Saipul Jamil sudah menerima vonis yang pertama selama 5 tahun. Ini ada tuntutan yang kedua bang Saipul Jamil dan penasihat hukum akan menggunakan momen ini untuk memperjuangkan keadilan. Karena di dalam hukum Indonesia di dalam pasal 272 KUHAP (Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana) diatur apabila seseorang sudah dipidana kemudian ada pidana lagi maka yang terjadi adalah pidana yang pertama ditambah dengan pidana yang kedua jadi 5 tahun + vonis kasus KPK ini," ujar Pengacara Saipul Jamil, Tito Hananta Kusuma ketika ditemui di usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (19/7).

Bang Ipul bakal ditahan selama 9 tahun total? © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoBang Ipul bakal ditahan selama 9 tahun total? © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Pada intinya, pihak Bang Ipul ingin agar hukuman kasus suap dan KPK ini bisa dijadikan satu waktu penahanannya. Pasalnya, Tito menyebut jika menjalani dua atau lebih pidana secara berturut-turut itu melanggar hak asasi manusia.

"Bang Saipul Jamil akan menjadi pelopor untuk menguji pasal 272 KUHAP ke mahkamah konstitusi. Jadi kami akan memperjuangkan kasus ini agar apabila Saipul Jamil menerima hukuman, kedua pidana ini bisa dijalani secara bersamaan. Kami akan memprotes kami akan membatalkan pasal 272 KUHAP di mana seseorang terdakwa harus menjalani pidana berturut-turut. Ini melanggar HAM dan bang Saipul Jamil bersama tim akan menguji ke mahkamh konstitusi agar Bang Ipul bisa jalani pidana secara bersamaan. Minggu depan kami akan ajukan pledoi dan kami berharap untuk bisa bebas. Akan tetapi kami juga realistis bahwa di dalam pengadilan tipikor ini mustahil ada yang bebas meskipun ada kemungkinan itu," sambungnya.

"Tetapi yang menjadi momen bagi kami adalah bang Saipul Jamil akan memperjuangkan pasal 272 KUHAP. Diuji di MK dan djbatalkan. Karena peraturan ini bertentangan dengan HAM. Bang  Ipul akan memperjuangkan teman-temannya yang di lapas yang mendapatkan 2 pidana harus dijalani berturut-turut. Kami akan menguji pasal ini dan memohon reformasi hukum. Agar pasal pidana yang dijatuhkan bisa dijalankan secara bersamaan. Ini  agenda perjuangan bang Saipul Jamil selanjutnya," pungkas Tito.

(kpl/aal/gtr)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING