Sakit Sejak Lama, Yana Zein Tak Ingin Sahabatnya Tahu & Sedih

Selasa, 10 Januari 2017 15:35 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Sakit Sejak Lama, Yana Zein Tak Ingin Sahabatnya Tahu & Sedih Yana Zein/ŠKapanLagi.comŽ/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Kanker payudara dan getah bening stadium lanjut yang diderita Yana Zein sejak dua tahun terakhir, membuatnya harus bekerja keras untuk mengumpulkan biaya pengobatan. Ketika dirinya sudah tak mampu untuk mengumpulkan pundi-pundi Rupiah dan tabungannya ludes, Yana bersyukur jika teman-temannya masih mau memberikan perhatian yang luar biasa kepadanya.

Berawal dari Nafa Urbach, berita sakitnya Yana menyebar hingga ke banyak orang, termasuk aktris Putri Patricia. "Sayangnya saya mengetahui baru-baru aja dari sosial media. Kebetulan juga pas ini pemain Tersanjung mau adakan sesuatu melakukan apapun yang terbaik untuk mbak aku," tutur Putri saat ditemui di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan, Senin (9/1).

Lingga Suri, salah satu aktris Tersanjung dan juga sahabat Yana, sempat dimarahi oleh Firda Razak karena tak memberitahukan sakitnya Yana. Lingga, yang kini sibuk berbisnis, adalah orang pertama yang tahu soal kanker payudara yang diderita Yana.

"Dia nangis. Saya periksa, saya raba benjolan itu saya bingung kan. Saya sampai di satu titik bicara ke ibunya. Yana saat itu belum siap operasi, akhirnya Yana sempat alternatif dengan herbal tapi di alternatif itu tidak juga menolong Yana. Kondisi Yana udah terpuruk, jadi dibawa lah ke medis. Hampir tiga bulan di rumah sakit," jelasnya.

Yana adalah orang yang tak ingin memperlihatkan kesusahannya/ŠKapanLagi.comŽ/Budy SantosoYana adalah orang yang tak ingin memperlihatkan kesusahannya/ŠKapanLagi.comŽ/Budy Santoso

Lingga mengenang kondisi awal Yana yang cukup mengenaskan. "Dulu mengerikan sekali kondisinya. Tangannya besar sekali yang kiri. Kondisi mukanya kurus banget kayak tengkorak, maaf yan. Sekarang udah ada pipinya. Kemaren itu very worst," bebernya.

Yana awalnya tak ingin orang lain tahu soal penyakitnya dan memilih menanggungnya sendiri. "Tapi ada satu titik di mana dia harus butuh orang lain. Pada saat dia sakit, udah gak bisa kerja, uang habis terkuras, jadi dia butuhkan bantuan dari temen-temen, sampai akhirnya Yana bilang dia sakit. Masih banyak yang dibutuhkan dari materil dan moril. Saya mohon bantuan untuk bisa memberikan sedikit rejekinya ke Yana," ajak Lingga.

Firda Razak juga mengaku sangat dekat dengan Yana bagaikan sepasang sandal jepit. "Saya dekat banget rumahnya sama Yana. Saya menilai Yana sosok yang kuat, mandiri, dan hebat. Saya salut dengan kemandirian Yana. Salut juga sama Yana yang gak beritahukan ke saya, dia gak mau sahabatnya ikut sedih," tuturnya.

Lingga tak pernah lupa nasihat Yana yang selalu mengingatkan agar tak memperlihatkan kesusahan kita kepada orang lain. "Yana gak pernah bahas yang gimana gimana kalo ada sesuatu yang gak enak, dia senyumin aja," ujarnya.

"Kita harus menunjukkan kita kuat, demi anak anak, orangtua, kawan kawan," tutup Yana.

(kpl/far/tch)


REKOMENDASI
TRENDING