Sama-Sama Untung: Cerita Para Fotografer di Balik Tren Pemotretan Selebriti

Rabu, 30 Agustus 2017 16:48 Penulis: Subi Akto
Sama-Sama Untung: Cerita Para Fotografer di Balik Tren Pemotretan Selebriti © istimewa

Kapanlagi.com - Mengabadikan sebuah momen penting dalam bentuk foto memang sudah menjadi kebiasaan umum. Mulai dari acara ulang tahun, kelahiran sang buah hati, momen manis pernikahan hingga hal sederhana seperti foto selfie sayang untuk tak diabadikan. Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk nantinya bisa mengenang masa-masa yang telah dilalui tersebut.

Berkembangnya jaman, pengaruh foto memang sudah memberikan dampak yang besar di kehidupan masyarakat. Selain untuk tujuan pribadi, beragam bentuk foto juga dimanfaatkan sebagai rangkaian promosi. Hal yang sama juga dilakukan oleh insan yang terlibat di dunia media dan para selebriti.

Pemotrean keluarga Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Baby Rafathar. /©instagram.com/riomotretPemotrean keluarga Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Baby Rafathar. /©instagram.com/riomotret

Keterlibatan selebriti dalam hal foto atau pemotretan memang cukup krusial. Pasalnya, dengan mengajak public figure yang dikenal oleh mata publik bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi kedua pihak. Sama seperti tren photoshoot yang nampaknya belakangan ini marak dilakukan oleh seleb tanah air.

Selain karena karya mereka yang indah dan sering bekerjasama dengan nama-nama seleb populer, ada beberapa fotografer yang mulai dikenal oleh publik. Berikut ini ada sederet fotografer langganan artis menceritakan tentang passion mereka dan kisah di balik tren pemotretan selebriti.

Rio Motret

Nama fotografer yang satu ini memang sudah tak asing lagi di kehidupan selebriti Indonesia. Pria ini kerap mengajak artis tanah air seperti Ayu Ting Ting lakukan pemotretan sebagai koleksinya untuk nantinya ditunjukkan di mata publik dalam bentuk pameran. Namun ada pula photoshoot yang ia lakukan datang dari permintaan selebriti.

"Biasanya seleb yang kontak untuk foto dan untuk ide biasanya mereka serahkan ke saya. Kalau untuk pameran biasanya kita yang meminta seleb untuk support tapi kalau untuk project komersial atau pribadi biasanya seleb yang meminta," jelas Rio kepada tim KapanLagi.com.

Rio bersama dengan Ayu Ting Ting saat lakukan sesi pemotretan. /©Rio MotretRio bersama dengan Ayu Ting Ting saat lakukan sesi pemotretan. /©Rio Motret

Bukan hanya melakukan sesi pemotretan, biasanya dari pihak tim fotografer memang sudah menyiapkan segala kebutuhan, mulai dari ide, make-up, busana hingga lokasi. Rio sendiri sangat dikenal dengan rangkaian karyanya yang diberi tajuk Alkisah. Dalam pemotretan bersama seleb ini, Rio hidupkan cerita rakyat tanah air dalam bentuk foto.

"Dari semua pemotretan paling berkesan untuk project pameran Alkisah aku. Karena kita sama-sama excited untuk mengenalkan kembali cerita rakyat Indonesia kepada masyarakat," jelas Rio.

Alkisah merupakan rangkaian karya Rio yang paling berkesan baginya. /©Rio MotretAlkisah merupakan rangkaian karya Rio yang paling berkesan baginya. /©Rio Motret

Sama seperti sederet fotografer yang lainnya, Rio juga kerap diminta para artis untuk mengabadikan momen kebersamaan keluarga, pre-wedding hingga liburan artis ke luar negeri. Karya-karyanya sangat diapresiasi oleh publik dan para selebriti yang bekerjasama dengannya.

Diera Bachir

Setiap fotografer memang memiliki ciri khas-nya sendiri dalam menyuguhkan karyanya. Sedikit berbeda dengan Rio, kali ini Diera Bachir yang juga salah satu fotografer langganan selebriti. Wanita yang satu ini kerap hadirkan sentuhan nuansa dongeng klasik dalam hasil jepretan-nya. Kepada tim KapanLagi.com, Diera sempat bercerita tentang kisah pertama kali dirinya terjun di dunia pemotretan seleb.

"Dulu sempat jadi graphic designer dan branding product. Jadi Carissa (Carissa Putri) kan punya bisnis makanan dan aku fotoin makanan. Aku juga tawarin untuk fotoin company profile. Dari situ aku kerja sama dengan public figure. Lucunya foto company profile yang aku buat tuh manis banget, dari situ banyak yang bilang kalau aku bisa foto orang juga. Terus ada temen yang mintain foto prewed-nya, padahal aku juga belum punya kamera," aku Diera.

Diera Bachir awali karir dengan pemotretan company profile. /©Diera BachirDiera Bachir awali karir dengan pemotretan company profile. /©Diera Bachir

Sama seperti Rio, berbagai macam pemotretan sudah sering Diera lakukan, mulai dari fashion photoshoot, pre-wedding, hingga maternity shoot selebriti. Namun, Diera sendiri sempat menceritakan salah satu sesi yang berkesan baginya. Momen itu adalah saat dirinya bekerjasama dengan pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

"Setiap seleb punya karakter yang beda. Mereka tidak se-sombong yang saya kira. Pengalaman seru pas fotoin Raffi dan Gigi pas hamil. Jadi aku fotoin Gigi pas usia kandungannya 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan, dan pas 9 bulan mereka nyebur ke kolam gitu, underwater. Fotonya challenging dan konsepnya lucu. Pada saat itu belum banyak yang foto dengan konsep itu," kata Diera.

Momen saat Diera lakukan photoshoot dengan Nagita Slavina. /©Diera BachirMomen saat Diera lakukan photoshoot dengan Nagita Slavina. /©Diera Bachir

Tak bisa dipungkiri pengaruh nama besar seleb yang bekerjasama dengannya membawa keuntungan tersendiri bagi Diera. "Lebih ke promotional vibes-nya, eksposure-nya juga lebih besar. Lebih kaya gitu aja sih. Kalau cara kerjanya sama sih," tutur Diera menjelaskan.

Moza Wahyu

Nama Moza Wahyu memang tak sebesar dua fotografer sebelumnya, namun pria yang satu ini sudah menunjukkan kebolehannya dalam bekerjasama dengan seleb menghasilkan karya foto yang begitu menarik. Sering terlihat lakukan fashion photoshoot dengan seleb, ternyata ini adalah cara Moza untuk mengembangkan passion-nya.

"Karena saya berangkat dari bidang fashion tentu tujuan awalnya adalah, menyalurkan passion saya melalui bidikan camera. Ternyata di apresiasi banyak orang. Jadi intinya tujuan utama saya menyalurkan bakat saya sebagai salah satu penghasilan saya," ungkap Moza kepada tim KapanLagi.com.

Fotografer Moza Wahyu memiliki background fashion. /©instagram.com/mozawahyuFotografer Moza Wahyu memiliki background fashion. /©instagram.com/mozawahyu

Seperti yang diketahui, selain foto promosi dan wedding, selebriti tanah air juga suka melakukan fashion photoshoot. Bekerjasama dengan seleb memang bukan melulu masalah materi, namun lebih kepada kedua pihak (seleb dan fotografer) saling mendapat keuntungan.

"Secara profesional ada perjanjian tersendiri tergantung kebutuhan dan kepentingan masing-masing namun sejauh ini kerjasama bersama selebriti bersifat saling menguntungkan," ujar Moza.

Pemotretan dengan seleb memiliki keuntungan tersendiri bagi Moza. /©instagram.com/mozawahyuPemotretan dengan seleb memiliki keuntungan tersendiri bagi Moza. /©instagram.com/mozawahyu

Secara tidak langsung, bekerjasama dengan artis tanah air yang memang sudah miliki kepopuleran tersendiri bisa membantu karya-karya dari Moza dikenal oleh masyarakat luas. Terutama melalui dunia sosial media.

Jacqueline Gabriella

Sama seperti dengan Moza, Jacqueline Gabriella nampaknya juga nampak menonjol dalam sesi fashion photoshoot bersama dengan para selebriti. Ia sempat bekerjasama dengan Aurel Hermansyah dan Ashanty untuk mempromosikan brand kosmetik milik mereka. Karyanya itu memang bisa dibilang begitu menarik dan sangat modis.

"Untuk promosi biasanya kalau fashion photography lebih ke cosmetic and product photoshoot, konsep awal itu sangat penting dan berpengaruh. Di mana saya biasanya mendalami konsep product dulu, kemudian saya pikirkan supaya bisa related dengan fashion. Semua butuh di rencanakan dan di susun dengan persetujuan beberapa pihak, pihak klien dan saya," cerita Jacqueline kepada tim KapanLagi.com.

Hasil pemotretan kerjasama Jacqueline dan Aurel Hermansyah. /©instagram.com/jacquelinegabHasil pemotretan kerjasama Jacqueline dan Aurel Hermansyah. /©instagram.com/jacquelinegab

Dalam melakukan sebuah sesi pemotretan dengan selebriti, memang terkadang pihak fotografer menyediakan segalanya untuk mereka. Namun, ada juga beberapa hal yang biasanya dipersiapkan oleh para artis.

Karya-karya pemotretan Jacqueline begitu terasa nuansa fashion. /©instagram.com/jacquelinegabKarya-karya pemotretan Jacqueline begitu terasa nuansa fashion. /©instagram.com/jacquelinegab

"Mostly, seleb hanya mempersiapkan makeup artist saja, karena seleb kelas atas pasti punya standart make-up artist pilihan mereka sendiri. Biasa saya dikasih pilihan makeup artist favorite mereka, saya pilih yang cocok dengan taste saya juga. Kemudian ada beberapa hal basic yang biasa mereka perlu sediakan sendiri. Seperti sepatu heels, keperluan pakaian dalam dan beberapa kadang koleksi pribadi mereka jika di perlukan," ucapnya.

Dari berbagai foto yang ia tunjukkan pada akun Instagram miliknya, Jaqcueline memang memiliki ciri khas tersendiri. Karya-karyanya begitu kental dengan nuansa fashion di dalamnya.

Pemotretan kece Jedar bersama dengan Diera Bachir. /©instagram.com/dierabachirPemotretan kece Jedar bersama dengan Diera Bachir. /©instagram.com/dierabachir

Selain ramai di kalangan seleb, tren pemotretan ini juga mencuri perhatian mata publik. Karya-karya indah yang dihadirkan oleh para fotografer handal tersebut selalu menarik untuk dijadikan bahan referensi atau topik perbincangan. Pemotretan seleb ini juga ternyata memiliki banyak tujuan, manfaat dan proses kreatif yang cukup panjang di baliknya. Kalau kalian lebih suka pemotretan yang seperti apa, guys?

(kpl/pur/ssm)

Editor:

Subi Akto


REKOMENDASI
TRENDING